Mual Belum Teratasi, Berikut Makanan dan Minuman yang Efektif Menghilangkan Rasa Mual

Selasa 30-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mual merupakan kondisi yang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Selain obat-obatan, kondisi mual atau keinginan untuk muntah yang diakibatkan mabuk perjalanan atau mencium sesuatu bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Artikel ini akan memberikan rekomendasi makanan dan minuman yang dapat mengurangi sekaligus menghilangkan rasa mual dengan efektif. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini agar dapat mengatasi mual. 

Mual merupakan perasaan tidak nyaman ketika tubuh hendak mengeluarkan isi perut, alias muntah. Namun, tidak semua perasaan mual berujung dengan benar-benar muntah. 

Mual bukanlah penyakit, tapi bisa menjadi suatu gejala dari suatu penyakit tertentu. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan penghilang mual di bawah ini yang bisa meredakan rasa ketidaknyamanan tersebut. 

BACA JUGA:Ini Dia Alasan di Balik Penggunaan Minyak Telon Bayi

1. Jahe

Sejak dahulu, rempah jahe dikenal sebagai makanan penghilang mual yang cukup efektif. Ini karena jahe mengandung senyawa aktif yakni gingerol, paradol dan shogaol yang dianggap bisa berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan perut.

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh, biskuit, atau kapsul. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui manfaat jahe terhadap sistem pencernaan. 

2. Air putih

Untuk minuman, Anda dapat menghilangkan mual dengan air putih. Mual merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh tengah mengalami dehidrasi. 

Air termasuk sumber hidrasi yang paling baik. Ketika muntah atau sakit diare, tubuh memerlukan pengganti elektrolit yang hilang. 

BACA JUGA:Menu Sarapan Sehat dengan Sereal Gandum untuk Anak

3. Kaldu

Kaldu sebagai obat batuk alami untuk anak. Cairan, seperti kaldu atau kuah sup, ternyata sering dijadikan sebagai alternatif cara mengatasi mual. 

Hal ini dikarenakan cairan lebih mudah ditelan ketika Anda ingin muntah. Kaldu atau kuah sup dianggap menjadi langkah awal untuk kembali makan dan memberikan hidrasi, serta sebagai elektrolit.

Kategori :