Ternyata Olahan Makanan Berikut Ini Tidak Boleh Terlalu Sering Dipanaskan

Selasa 30-07-2024,11:44 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seberapa sering Anda memanaskan sisa makanan karena sayang dibuang? Memanaskan kembali makanan sisa memang praktis dilakukan.

Namun, tahukah Anda beberapa makanan tidak boleh dipanaskan berkali-kali karena dapat meningkatkan risiko terhadap masalah kesehatan tertentu. 

Artikel ini akan membahas dan memberikan infomasi mengenai makanan apa saja yang boleh terlalu sering dipanaskan karena akan berdampak untuk kesehatan. 

Menghangatkan makanan untuk dikonsumsi bisa menjadi cara yang aman untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Namun, terus-menerus memanaskan makanan bisa mengurangi kandungan gizi seperti vitamin dan fitonutrien secara signifikan. Berikut ini ada sejumlah makanan yang sebaiknya berhati-hati jika ingin memanaskannya berulang kali. 

BACA JUGA:Ini Dia Mitos dan Fakta tentang Efek Menelan Sperma yang Perlu Diketahui

1. Olahan Ayam

Olahan ayam termasuk jenis makanan yang sering dipanaskan kembali. Akan tetapi, hal ini tidak dianjurkan karena proses pemanasan makanan dapat menyebabkan protein di dalam ayam berubah. 

Akibatnya, tekstur ayam menjadi sedikit alot dan sulit untuk dicerna. Kualitas gizinya pun bisa ikut menurun jika dipanaskan berulang kali.

Selain itu, memanaskan daging ayam pada suhu yang tidak tepat, yakni 60℃ atau kurang, dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang berisiko menyebabkan keracunan makanan.

Hal ini karena bakteri mudah sekali berkembang pada suhu antara 5℃ – 60℃elsius. 

BACA JUGA:Mengenal Enzim Katalase Serta Manfaatnya bagi Tubuh

2. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis merupakan makanan yang tidak boleh dipanaskan. Hal ini karena dalam pembuatannya, produsen sosis biasanya menambahkan senyawa nitrat sebagai pengawet.

Kandungan senyawa nitrat tersebut dapat berbahaya ketika dipanaskan pada suhu yang tinggi karena dapat berubah menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogen dan berisiko menyebabkan kanker.

Kategori :