Berencana untuk Hamil? Ketahui Terlebih Dahulu 6 Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Minggu 28-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Wanita memiliki masa kesuburan yang perlu diketahui karena dengan begitu dapat diketahui mudahnya wanita untuk hamil. Ada sejumlah ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil, khususnya bila  sedang berencana untuk memiliki momongan. 

Selain itu, ciri-ciri ini juga menandakan bahwa organ reproduksi dalam keadaan sehat, sehingga lebih berpeluang hamil.  Banyak orang yang mengira bahwa ciri-ciri wanita subur dilihat dari bentuk tubuh. 

Misalnya, wanita yang memiliki tubuh dengan panggul yanglebar dan payudara besar dianggap lebih subur daripada yang sebaliknya. Padahal, mitos ini tidak benar. 

Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil bukan dilihat dari bentuk tubuh, tetapi dilihat dari siklus menstruasi dan gaya hidup. Untuk memastikan kesuburan memang sebaiknya dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter. 

BACA JUGA:Pilihan Blouse Wanita Monokrom untuk Tampilan Formal dan Kasual

Namun, ada kok ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil yang bisa kamu kenali sendiri, berikut diantaranya: 

1. Siklus haid lancar

Ciri yang paling umum yang bisa diketahui adalah siklus haid yang lancar. Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil yang mudah dikenali adalah siklus haid lancar. 

Meski bisa berbeda-beda pada setiap wanita, haid normalnya terjadi setiap 21–35 hari sekali. Jika siklus haid lancar, tandanya hormon-hormon reproduksi dalam tubuh berfungsi dengan baik dan pelepasan sel telur terjadi setiap bulannya. 

Jika sel telur yang rutin dilepaskan secara teratur ini dibuahi oleh sel sperma, kehamilan bisa terjadi.

BACA JUGA:Ini Dia Produk Pembersih Kewanitaan yang Aman untuk Wanita yang Belum Menikah

2. Mengalami keputihan yang normal

Keputihan menjadi salah satu ciri wanita subur. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Banyak anggapan bahwa keputihan adalah hal yang memalukan, tetapi keputihan yang normal justru merupakan salah satu ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil. 

Keputihan justru berfungsi untuk melembapkan dan membersihkan vagina. Normalnya, keputihan yang terjadi di luar masa subur berupa gumpalan lengket berwarna putih dan hanya keluar sedikit. 

Nah, makin mendekati waktu ovulasi, keputihan yang keluar bisa berupa cairan kental bening yang mirip dengan putih telur mentah.

Kategori :