Pemkot Bengkulu dan Badan Siber Sandi Negara Launching BENGKULUKOTA-CSIRT

Kamis 25-07-2024,19:22 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka memperkuat dan meningkatkan keamanan siber dan integritas sistem informasi Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu bersama Badan Siber Sandi Negara melaunching Kota Bengkulu-Computer Security Incident Response Team (BENGKULUKOTA-CSIRT) atau Tim Tanggap Insiden Siber Kota Bengkulu.

BENGKULUKOTA-CSIRT ini secara resmi dilaunching oleh Kepala BSSN RI Letjend (Purn) Hinsa Siburian bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.B.A, di Auditorium dr. Roebiono Kertopati, Kantor BSSN Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu 24 Juli 2024.

Launching CSIRT Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keamanan informasi dalam penanggulangan insiden siber serta untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas setiap CSIRT antar sektor Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pembangunan Manusia.

BACA JUGA:Dinas PUPR Kota Buka Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengawas Pelaksanaan Pekerjaan Jalan

Dalam sambutannya Kepala BSSN RI Hinsa Siburian mengatakan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi berbanding lurus dengan risiko dan ancaman keamanannya.

Sehingga organisasi harus selalu mengantisipasi ancaman dan serangan siber melalui kesiapsiagaan pengelolaan insiden siber dengan pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber atau CSIRT.

Selain itu Hinsa juga menegaskan walaupun CSIRT sudah terbentuk, penyelenggaraan keamanan siber tetap merupakan tanggung jawab bersama yang dilaksanakan secara semesta, sehingga diperlukan sinergi, kolaborasi, dan komitmen seluruh pemangku kepentingan. 

"Dengan dilaunchingnya Tim CSIRT hari ini bukan berarti tugas kita sudah selesai, tetapi masih banyak lagi yang akan dilakukan antara lain Penilaian efektif dan efesiensi penyelenggaraan Tim CSIRT ini, membentuk struktur organisasi, melakukan pelatihan serta monitoring dan evaluasi," ujar Hinsa. 

Selain itu Pj Walikota Kota Bengkulu Arif Gunadi berharap dengan mendapat sertifikat CSIRT ini, Keamanan Siber dan Data di Kota Bengkulu lebih terjamin keamanannya. 

BACA JUGA:Selain Jepang, Pemprov Bengkulu Siapkan Program Kerja Sambil Kuliah di Jerman

Seraya berharap selalu dapat berkolaborasi dengan BSSN RI dalam mengelola sistem elektronik  dan menyelenggarakan sistem elektronik secara andal dan aman, untuk mendukung terwujudnya keamanan pada ruang siber Kota Bengkulu . 

Dalam hal ini, CSIRT berperan vital dalam mendeteksi, menanggapi, dan merespons serangan siber dengan cepat dan efektif, sehingga dapat mengurangi dampak negatif serangan terhadap operasional pemerintahan. 

Dengan demikian, tim CSIRT bisa menjadi pasukan siber yang berperan penting untuk menjaga keamanan dan integritas sistem informasi pemerintah dari ancaman siber.

Hadir mendampingi Pj. Walikota Bengkulu Arif Gunadi, Kepala Dinas Perhubungan Hendri Kurniawan, Kepala Kesbangpol Sofyan Tosoni, Kepala Dinas BPBD Will Hopi, dan Kepala Seksi Persandian Diskominfo Weniarti. (*)

Kategori :