Berabad-abad Digunakan Sebagai Obat Tradisional, Inilah 5 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Rabu 24-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya sebagai pengobatan penyakit diabetes.

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun jelatang mengandung oksida nitrat yang bertindak sebagai vasodilator. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kemampuannya yang dapat merilekskan otot-otot pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

Namun, studi yang meneliti hal ini masih dilakukan pada hewan. Penelitian lebih lanjut terhadap manusia masih harus dilakukan untuk membuktikan khasiatnya.

5. Membantu Sistem Pernafasan

Daun jelatang memiliki manfaat sebagai terapi anti alergi. Termasuk di dalamnya membantu menjaga pasien asma agar tidak sering kambuh.

Dengan manfaat itulah daun jelatang secara tradisional dikenal sebagai pereda peradangan pada sistem pernafasan. Termasuk astringent efektif untuk keluhan peradangan pada paru-paru.

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

6. Mengobati radang sendi

Daun jelatang telah lama digunakan untuk mengurangi gejala radang sendi dan meredakan nyeri otot. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengoleskan salep dengan kandungan daun jelatang ke bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau otot.

7. Mengurangi gejala alergi

Daun jelatang juga memiliki manfaat untuk mengurangi gejala alergi. Konsumsi teh dengan kandungan daun jelatang juga dipercaya efektif untuk mengurangi gejala alergi. 

Hal ini karena daun jelatang dapat menekan efek histamin yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap penyebab alergi (alergen).

Selain manfaat di atas, daun jelatang juga memiliki manfaat lain, seperti membuat rambut lebih sehat, mendukung kesehatan mata, meningkatkan sistem imun, mencegah batu ginjal, dan menguatkan tulang.

BACA JUGA:Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Kategori :