Mengandung Zat Berbahaya, Kenali Ciri-Ciri Wajah yang Terkena Skincare dan Komestik Bermerkuri

Kamis 18-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

1. Iritasi pada Kulit Wajah

Merkuri memiliki efek samping yang dapat membuat iritasi pada kulit wajah. Iritasi biasanya menimbulkan gejala seperti perih, gatal, dan kemerahan di wajah. 

Nah, apabila timbul reaksi yang mengarah pada gejala tersebut setelah menggunakan produk skincare atau kosmetik, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter dermatologi untuk mencegah kerusakan kulit lebih parah.

2. Lapisan Kulit Wajah Semakin Menipis

Ciri-ciri wajah yang terkena merkuri lainnya adalah kulit wajah semakin menipis. Hal ini terjadi karena kulit terlalu sering mengalami pengelupasan.

Lama-kelamaan, kulit yang semakin tipis juga akan membuat skin barrier rusak. Akibatnya, kulit wajah menjadi lebih sensitif sehingga rentan mengalami masalah seperti jerawat. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Kenali Risiko dan Bahaya Gigi Berlubang

3. Kulit Wajah Mudah Terkelupas

Merkuri dapat menyebabkan wajah jadi mudah terkelupas. Kulit wajah yang mudah mengelupas juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri. 

Hal ini biasanya terjadi setelah penggunaan merkuri dalam jangka lama. Semakin lama pemakaian produk kecantikan bermerkuri, maka kulit akan semakin mudah mengelupas. Akibatnya, kulit menjadi terasa perih.

4. Ruam Kemerahan

Kulit yang cenderung menggunakan merkuri akan mengalami ruam kemerahan. Ciri-ciri wajah yang terkena merkuri selanjutnya adalah muncul ruam kemerahan pada kulit wajah. 

Hal ini terjadi karena jenis senyawa yang sering digunakan pada krim bermerkuri adalah merkuri klorida (HgCl2). Senyawa klorida tersebut dapat menyebabkan kulit terasa terbakar.

BACA JUGA:Meningkatkan Daya Ingat, Inilah Ragam Manfaat Belut untuk Kesehatan

Ruam kemerahan tersebut biasanya disertai dengan rasa panas pada kulit wajah. Ruam bisa muncul secara perlahan atau cepat, tergantung dari intensitas penggunaan produk kecantikan yang bermerkuri.

5. Perubahan Warna Kulit Wajah

Kategori :