7 Cara Mengurangi Panas pada Kabin Mobil agar Lebih Adem

Rabu 17-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kabin mobil yang panas tentu akan membuat pengendara merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi panas pada kabin. 

Artikel ini akan menjelaskan beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi suhu panas pada kabin. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini. 

Saat musim kemarau, cuaca panas tentu saja akan berimbas pada meningkatnya suhu kabin mobil. Apalagi kalau mobil harus parkir di area terbuka tanpa penutup dalam waktu lama, tentunya interior kendaraan itu seketika berubah jadi layaknya oven panas.

Kondisi ini mungkin tidak bisa dihindari ketika dilokasi tersebut tak ada area parkir dalam gedung atau yang beratap.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

Saat kabin panas sebaiknya jangan langsung aktifkan AC saat suhu interior masih sangat panas. Ada beberapa cara lain yang terbukti bisa lebih cepat mengeluarkan udara panas di dalam mobil. Berikut diantaranya 

1. Semprotkan Jok dengan Cooling Spray

Ada cara praktis membuat suhu mobil kembali normal setelah "dijemur" berjam-jam, yaitu dengan menyemprotkan cooling spray ke area jok lebih kurang 5 detik, lantas kaca jendela dibuka seuruhnya tanpa menghidupkan AC.

Namun setelah diamati, teknik ini hanya membuat suhu interior mobil yang amat panas cuma turun jadi 50,1 derajat, bahkan setelah 3 menit.

2. Gunakan Ventilasi Udara

Sebelum memasuki mobil yang terparkir di bawah terik matahari, buka pintu mobil dan biarkan udara segar masuk selama beberapa saat.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 7 Bisa Berbahaya

Dengan cara mengurangi panas kabin mobil ini, Anda memberikan kesempatan udara panas di dalam kabin untuk keluar dan digantikan oleh udara segar dari luar. 

Setelah itu, nyalakan sistem ventilasi mobil atau buka jendela untuk mengeluarkan udara panas yang tersisa dan membantu mengurangi suhu kabin dengan cepat.

3. Buka Tutup Pintu 

Kategori :