7 Cara Mengurangi Panas pada Kabin Mobil agar Lebih Adem

Rabu 17-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Buka dulu semua kaca jendela supaya sirkulasi udara berlangsung cepat. Ada juga cara lain yang cukup mudah, yakni dengan membuka seluruh kaca jendela dan pintu kemudian pintu di tutup kembali dengan kondisi jendela tetap terbuka seutuhnya.

Lakukan ini secara berulang minimal 5 kali sehingga mirip teknik kibasan, namun tanpa menghidupkan AC. Tapi metode tanpa AC yang kedua ini hanya membuat suhu kabin turun jadi 47,5 derajat sehingga hawa panas masih terasa.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Nissan Altima, Bisa Dikendarai Tanpa Ngadat

4. Gunakan kain penutup jok

Cara mengurangi panas kabin mobil selanjutnya adalah menggunakan kain penutup jok mobil. Permukaan jok mobil yang terkena sinar matahari langsung bisa menjadi sangat panas dan membuat duduk menjadi tidak nyaman.

Gunakan kain penutup jok yang tahan panas untuk melindungi permukaan jok dan menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kain penutup jok juga dapat membantu mencegah kulit Anda terbakar atau merasa terlalu panas saat menyentuh jok mobil.

5. Gunakan kipas angin mobil

Jika mobil Anda dilengkapi dengan kipas angin mobil, manfaatkan fitur ini untuk membantu mengurangi panas di dalam kabin.

Nyalakan kipas dengan arah yang mengarah ke jendela terbuka untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mobil dan menggantikannya dengan udara segar. Ini akan membantu menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik dan menurunkan suhu kabin.

BACA JUGA:Suka Terlambat Karena Motor Sulit Dinyalakan di Pagi Hari? Kenali 8 Faktor Penyebabnya

6. Hidupkan AC Tanpa Membuka Jendela

Nah ini adalah teknik yang sempat kami singgung sebelumnya, yaitu menghidupkan mesin dan aktifkan AC dengan setting suhu terendah tanpa perlu membuka kaca jendela.

Apakah cara ini benar-benar cepat mengusir hawa panas di kabin? Benar, suhu udara langsung tuurn ke 27,5 derajat namun setelah 10 menit.

7. Buka Kaca Jendela dan Hidupkan AC

Sebaiknya jangan lansung masuk kalau suhu kabin sangat panas. Membuka seluruh kaca jendela kemudian menyalakan AC mobil dengan setelan Auto dalam 2 menit lalu tutup jendela, juga menjadi cara membuat interior mobil kembali adem. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi panas pada kabin mobil. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga suhu kabin tetap sejuk dan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman saat cuaca panas.

Kategori :