Sedang Batuk? Ini 5 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Saat Batuk

Kamis 11-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Madu

Makanan untuk orang yang sedang batuk pertama adalah madu. Madu merupakan demulcent atau zat yang dapat membentuk lapisan di selaput lendir, sehingga dapat membantu meredakan iritasi.

Kamu bisa mengonsumsi madu untuk meredakan batuk dengan cara menuangkan satu atau dua sendok madu ke dalam air hangat. Kemudian, aduk hingga rata dan minum saat hendak tidur.

BACA JUGA:Simak 5 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Risiko Penyakit Mematikan

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang terkenal akan manfaatnya dalam meredakan batuk. Obat batuk alami ini bermanfaat untuk meredakan iritasi, tenggorokan kering, dan mengencerkan dahak. 

Namun, porsi konsumsi jahe perlu kamu perhatikan, ya.  Pasalnya, terlalu banyak konsumsi jahe justru bisa mengiritasi tenggorokan, membuat perut tidak nyaman, dan nyeri ulu hati.

5. Lemon

Lemon adalah sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini dapat memberikan efek menenangkan pada sakit tenggorokan disertai batuk, Selain itu, rasa asam dari lemon dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi tenggorokan.

Umumnya, buah lemon dikonsumsi bersamaan dengan madu dan air hangat. Untuk membuatnya, kamu cukup campurkan masing-masing dua sendok madu dan air perasan lemon dengan air hangat.

BACA JUGA:Simak 9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi untuk Penderita Diabetes

6. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint, teh chamomile, atau teh thyme dapat membantu meredakan tenggorokan dan mengurangi batuk.

7. Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan meredakan batuk. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumur beberapa kali sehari.

Nah, itulah sejumlah makanan dan minuman yang dapat meredakan batuk secara alami. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah dijelaskan pada uraian di atas, Anda dapat menghilangkan batuk dengan lebih efektif. Jika batuk Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Kategori :