Sedang Batuk? Ini 5 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Saat Batuk

Kamis 11-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batuk menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari.

Saat batuk, tenggorokan akan terasal gatal hingga perih akibat iritasi sehingga membuat tidak nyaman dan mengganggu orang sekitar jika di keluarkan. 

Batuk sejatinya bukanlah sebuah penyakit melainkan refleks alami tubuh untuk mengeluarkan zat yang mengiritasi tenggorokan atau saluran pernapasan. 

Batuk biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dengan perawatan sederhana di rumah, salah satunya dengan konsumsi makanan pereda batuk.

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi pereda batuk jika dikonsumsi, berikut diantaranya; 

BACA JUGA:Jantung Sehat dan Uban Jarang Muncul, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini

1. Sup Ayam

Sup ayam menjadi alternatif makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan batuk.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengonsumsi kaldu sup ayam yang mengandung cairan, elektrolit, dan asam amino dapat mengencerkan lendir di dada dan paru-paru, meredakan hidung tersumbat, dan melawan peradangan yang terjadi di tenggorokan.

Ayam dalam sup juga mengandung asam amino sistein yang dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, kandungan protein dalam ayam dapat membantu kamu mendapatkan energi tambahan saat sedang sakit.

2. Nanas

Nanas masuk ke dalam daftar makanan untuk meredakan batuk selanjutnya. Buah ini memiliki kandungan enzim bernama bromelain yang dapat meredakan batuk. 

BACA JUGA:Terbuat dari Daun Asam, Ini Dia 10 Manfaat Daun Sinom Untuk Kesehatan

Enzim tersebut memiliki sifat anti-peradangan dan mukolitik, sehingga dapat membantu mengencerkan lendir serta mengeluarkannya dari tubuh.

Untuk mendapatkan bromelain dalam nanas, kamu bisa makan satu potong nanas sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi 900 gram nanas dengan cara di jus.

Kategori :