Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Selasa 09-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mempunyai rasa yang berbeda dari sayuran lainnya, memang menggugah selera penggemarnya. Mengonsumsi rumput laut dapat memberikan sejumlah manfaat yang bai untuk kesehatan. 

Rumput laut atau seaweed masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa jenis seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia.

Tidak hanya mempunyai rasa yang unik, kandungan gizi rumput laut cukup beragam. Rumput laut disebut juga sayuran laut atau marine vegetables. 

Tak hanya sekadar enak, kandungan gizi berupa serat, mineral, dan vitamin juga bermanfaat untuk tubuh. Jika ingin mengetahui apa saja manfaat rumput laut yang bisa Anda dapatkan, simak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Cara Sehat Minum Kopi, dr Zaidul Akbar Ingatkan Ini

Berikut beberapa manfaat atau khasiat rumput laut untuk kesehatan tubu, di antaranya adalah:

1. Memelihara sistem pencernaan

Serat dalam rumput laut bertindak sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang penting untuk pencernaan yang sehat. Selain itu, rumput laut dapat meningkatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.

2. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantu melancarkan metabolisme serta mengubah lemak menjadi energi.

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian berjudul Fucoxanthin from Edible Seaweed. Ada pula kandungan serat pada rumput laut yang bermanfaat untuk membuat Anda kenyang lebih lama sehingga menunda rasa lapar.

BACA JUGA:Pernah Direview Ritsuki Bocah Jepang Keturunan Indonesia, Ini Dia 8 Manfaat Buah Mundu untuk Kesehatan

3. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat atau khasiat rumput laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh.

Rumput laut yang kaya akan vitamin K ini bekerja sama dengan trombosit  jenis sel yang dapat membentuk gumpalan atau pembekuan darah.

Kategori :