Tak Perlu Repot Ke Bengkel, Begini Cara Cas Aki Mobil yang Bisa Dicoba di Rumah

Selasa 09-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengecas aki mobil adalah proses yang penting untuk memastikan kendaraan Anda tetap dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mengecas aki mobil sendiri dari rumah dengan benar dan aman tanpa harus datang ke bengkel.

Lantas, bagaimana mengecas aki mobil sendiri? Jika Anda ingin mengecas aki tanpa harus repot pergi ke bengkel, Anda bisa simak penjelasan pada artikel berikut.

Seperti yang kita tahu, aki mobil merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menyuplai arus listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya seperti starter mesin, AC, lampu, dan lain-lain. 

Jadi, jika aki tidak berfungsi dengan baik maka mobil juga tidak akan bisa digunakan. Anda mungkin sudah pernah mengalami suatu kondisi di mana mobil tidak dapat hidup ketika di-starter. Biasanya kondisi ini muncul karena ada masalah pada bagian aki mobil.

BACA JUGA:Yamaha Luncurkan NMAX Tercanggih, Simak Spesifikasi dan Harganya

Seiring dengan jangka waktu pemakaiannya, komponen penyimpan energi listrik di mobil ini memang dapat mengalami penurunan daya.

Nah, sebelum mulai mengisi daya aki, Anda harus menyediakan charger aki mobil yang sesuai dengan tipe akinya. Selain itu, pastikan Anda mengecas aki dengan tangan dan di lokasi yang kering untuk menghindari bahaya tersetrum. Berikut cara mengecas aki yang bisa kamu terapkan di rumah. 

1. Lepas dan keluarkan aki dari mobil

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas dan mengeluarkan aki dari mobil. Proses melepas aki harus dilakukan dengan hati-hati. 

Untuk mencegah munculnya percikan api, Anda bisa mulai melepas kabel dan klem pada bagian kutub negatif terlebih dahulu kemudian melanjutkannya pada bagian kutub positif.

BACA JUGA:Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Tepat

Jika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki mobil sudah tidak tersambung lagi dengan bagian lainnya, Anda bisa mulai mengeluarkan aki dari mobil. Anda juga harus mengangkatnya secara perlahan agar cairan di dalam aki tidak tumpah.

2. Cek ketinggian air aki mobil

Langkah selanjutnya, setelah aki mobil berhasil Anda keluarkan, maka Anda perlu memeriksa ketinggian air aki dengan cara membuka tutup ventilasinya. Sebelum mulai mengecas, Anda perlu memastikan bahwa volume air aki sudah sesuai. 

Jika ternyata air aki kurang, maka Anda bisa menambahkan air suling atau air aki sampai menyisakan 1/3 dari batas maksimum level ketinggian air aki. Perlu Anda tahu, air aki tidak boleh terisi sampai penuh karena elemen di dalamnya dapat mengembang ketika proses pengisian daya. 

Kategori :