8 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan di Kaki

Rabu 19-06-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Rendam dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan senyawa antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Oleh sebab itu, menggunakannya sebagai obat alami kapalan patut dicoba.

Gunakan beberapa tetes tea tree oil ke dalam baskom berisi air hangat. Setelahnya rendam kapalan Kamu sampai kulit mulai melunak dan terangkat.

Ingat, jangan berendam selama lebih dari 15 menit. Sebab, tea tree oil sangat kuat dan dapat merusak lapisan kulit Kamu jika Kamu terpapar terlalu lama.

BACA JUGA:Jangan Tertipu Baunya, Ini Manfaat Belerang untuk Kesehatan

5. Merendam kaki dengan cuka apel

Anda dapat memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan kapalan di kaki. Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan metode ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4 ke dalam baskom. 

Masukkan kaki yang kapalan ke dalam air selama 20 menit. Setelah itu, gosok kulit yang kapalan secara perlahan. Lakukan cara ini secara rutin supaya kapalan bisa segera hilang. 

6. Merendam kaki dengan air perasan lemon dan soda kue

Selain menggunakan cuka apel, Anda juga bisa merendam kaki ke dalam campuran air perasan lemon dan baking soda. Cara menghilangkan kapalan di kaki ini cukup efektif karena kandungan asam pada lemon dan hidrogen karbonat dalam soda kue bisa membuat kapalan lebih mudah untuk dihilangkan.

Anda cukup merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Setelah beberapa menit, tambahkan soda kue ke dalam air agar kapalan bisa lebih mudah rontok. 

BACA JUGA:Para Suami Wajib Tahu! 7 Makanan Penambah Kualitas Sperma

7. Mengoleskan obat kapalan

Jika cara-cara menghilangkan kapalan di kaki sebelumnya tidak juga membuat kapalan hilang, Anda dapat mengoleskan obat kapalan yang dijual secara bebas di apotik. Obat kapalan umumnya memuat kandungan tertentu, seperti asam salisilat, ammonium laktat, dan urea, yang mampu melembutkan sekaligus meluruhkan kulit kapalan. 

Obat kapalan perlu digunakan secara rutin sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan agar kapalan di kaki bisa segera hilang. 

8. Ramuan Soda Kue dan Jus Lemon

Kategori :