5 Tips Lari untuk Pemula agar Tubuh Tidak Cepat Lelah, Kuncinya Niat dan Konsisten

Selasa 18-06-2024,12:33 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Apabila dokter sudah mengizinkannya, lakukan aktivitas untuk meningkatkan kebugaran jasmani ini secara berhati-hati.

Lakukan secara perlahan dengan intensitas rendah, sambil memperhatikan kondisi tubuh Anda apakah ada gangguan atau tidak.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis dan Manfaat Olahraga Air untuk Radang Sendi

3. Memakai sepatu lari yang benar

Beberapa orang memilih berlari dengan sepatu apapun yang mereka miliki. Padahal penggunaan sepatu lari yang keliru dan teknik lari yang tergesa-gesa sering kali menyebabkan cedera.

Semua orang berlari dengan cara yang berbeda. Pronasi (gerakan mengayuh ke dalam dari telapak kaki ketika berlari) beberapa orang bisa berlebihan atau malah kurang.

Oleh sebab itu, ada beberapa sepatu lari yang memang secara khusus dirancang untuk orang-orang tersebut guna mencegah potensi cedera. 

Sepatu lari yang keliru juga bisa menyebabkan nyeri setiap kali Anda bergerak, sehingga mungkin saja hal ini dapat mengurangi motivasi terutama jika Anda adalah pelari pemula.

BACA JUGA:Rice Bran Oil! Ketahui Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Memilih tempat lari yang aman

Umumnya berlari adalah aktivitas luar ruangan atau outdoor, sehingga Anda perlu memilih tempat lari yang aman untuk menghindari risiko kecelakaan.

Sebelum berlari, pastikan Anda sudah memetakan beberapa rute yang aman dan bebas lalu lintas. Pilihlah rute di sekitar kompleks perumahan yang minim kendaraan, taman kota atau lintasan lari.

Jika malas keluar rumah atau kondisi cuaca sedang tidak mendukung, bisa juga berlari dengan menggunakan treadmill di dalam ruangan atau indoor, dengan intensitas lari yang bisa Anda atur sesuai kemampuan.

5. Melatih kesabaran dan konsistensi

Beberapa orang mulai berlari untuk menurunkan berat badan mereka. Sayangnya, mereka kadang tidak sabar dan mengharapkan perubahan yang signifikan dalam waktu singkat.

Tubuh Anda juga perlu waktu untuk mengondisikan otot, sendi, dan tulang sebelum bisa membakar kalori saat lari dan menurunkan berat badan. Lari secara konsisten, misalnya dua kali seminggu, membuat tubuh Anda cepat beradaptasi.

Kategori :