Bebas Makan Apa Saja, Begini Cara Diet OCD yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kamis 13-06-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Yuzu, Jeruk dari Jepang yang Kaya Manfaat

2. Jendela makan 18:6  (6 Jam)

Setelah dua minggu menjalani jendela makan 8 jam, kamu perlu melanjutkan ke tahap kedua, yaitu jendela makan 6 jam. Di tahap kedua ini, ada sedikit perbedaan dan penambahan waktu diet. Kamu boleh mengonsumsi makanan apa saja selama 6 jam. 

Lalu, kamu diwajibkan berpuasa selama 18 jam. Sebagai contoh, jika kamu membuka jendela makan pada jam 10 pagi. 

Pada 6 jam berikutnya, yaitu pukul 4 sore, kamu harus sudah mulai puasa. Sama seperti tahap sebelumnya, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman apa pun kecuali air putih hingga pukul 10 pagi keesokan harinya. Jendela makan 6 jam ini juga sebaiknya dilakukan selama 2 minggu.  

BACA JUGA:Jangan Asal Pilih! Begini Cara Kenali Yoghurt Segar dan Yoghurt Biasa

3. Jendela Makan 20:4  (4 Jam)

Tahap selanjutnya boleh Anda lakukan saat tubuh dirasa telah mampu menyesuaikan diri. Tahapan 20:4 bisa dimulai dengan jendela makan yang sangat sedikit, yaitu hanya 4 jam saja dalam satu hari.

Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan tahapan pertama dan tahapan kedua. Perbedaannya hanya pada waktu puasa dan jendela makan.

Pada tahap yang cukup berat ini, jika Anda merasa kesulitan atau diet ini justru tidak manjur, Anda boleh bertahan pada tahap kedua saja.

4. Jendela Makan 1:24  (1 Jam/ 1 Kali Makan)

Tiba saatnya pada tahapan terberat dan tersulit. Pada tahapan ini, Anda harus puasa makan selama 24 jam. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali.

Anda tetap diperbolehkan makan, tapi hanya sekali dalam satu hari. Misalnya kita memulai diet OCD tahap ini pada jam 6 sore, maka Anda hanya makan saat jam 6 sore saja.

Setelah dan selama puasa, Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih sampai waktu jendela makan keesokan harinya.

BACA JUGA:Berikut Ini 8 Pilihan Finger Food untuk Bayi yang Aman

Anda sebaiknya juga mengombinasikan diet OCD ini dengan tahapan diet yang sebelumnya. Coba lakukan selama dua minggu saja agar tubuh tidak mengalami kekurangan gizi.

Kategori :