Memelihara Tulang dan Persendian, Inilah 7 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan

Kamis 13-06-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Mempercepat penyembuhan luka

Selain dapat mencegah penuaan, sup sumsum tulang sapi juga memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bagian tulang sapi ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada luka. 

Selain itu, kandungan kolagen yang tinggi dapat memperbaiki jaringan ikat yang rusak dan menutup luka dengan cepat. Untuk mendapatkan berbagai khasiat sumsum sapi di atas, Anda bisa mengolahnya menjadi sup, lalu mengonsumsinya secara rutin.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat sumsum tulang sapi lainnya untuk kesehatan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung banyak nutrisi yang dapat memenuhi asupan pada tubuh. 

Sumsum sapi mengandung senyawa conjugated linoleic acid (CLA) yang dapat meningkatkan fungsi sel imun tubuh dan mengurangi peradangan. Selain itu, sumsum mengandung vitamin A yang juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Simak 10 Bahan Alami yang Efektif Menyembuhkan Sariawan

5. Mengurangi risiko diabetes

Selain kaya akan kolagen, sumsum tulang sapi mengandung hormon adiponectin yang dapat berpotensi mengobati diabetes. Memiliki kadar adiponectin yang tinggi berhubungan dengan meningkatnya sensitivitas insulin dalam tubuh. 

Senyawa ini mampu menggunakan gula darah secara efektif sehingga kadar gula darah tidak akan melonjak tinggi. Akan tetapi, perhatikan porsi makan Anda karena diabetes juga bisa dipicu oleh konsumsi lemak berlebihan. Pasalnya, sumsum tulang memiliki kandungan lemaknya cukup tinggi.

6. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat sumsum tulang sapi lainnya untuk kesehatan adalah membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Processes mengungkapkan bahwa conjugated linoleic acid (CLA) memiliki sifat anti kanker yang mampu membunuh berbagai sel kanker, termasuk kanker usus atau payudara. 

Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Belum diketahui bagaimana khasiat CLA dalam terapi pengobatan kanker pada manusia. 

BACA JUGA:Agar Lambung Tetap Sehat dan Bebas Penyakit, dr Zaidul Akbar: Konsumsi Buah Enak Ini

7. Membantu pembentukan sel darah merah

Kategori :