7 Efek Samping Begadang untuk Kesehatan, Salah Satunya Risiko Gangguan Mental

Sabtu 15-06-2024,17:33 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Kurang konsentrasi dan mudah lupa 

Begadang dapat menyebabkan mudah lupa dan kurang konsentrasi. Saat Anda sering begadang, sel-sel dan jaringan otak akan lebih cepat rusak dan sulit diperbaiki. Hal ini bisa membuat fungsi otak terganggu, sehingga Anda akan lebih sering mengantuk, mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi.

BACA JUGA:Terbuat Dari Bahan Campuran Alami, Simak 8 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

5. Penurunan fungsi otak

Tidak dapat dipungkiri lagi jika efek begadang dapat mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Kemampuan memerhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan. Sulit fokus juga kerap dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara atau bekerja.

6. Peningkatan risiko gangguan mental

Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang sering begadang akan lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan juga gangguan tidur berupa insomnia. Dalam jangka panjang, efek begadang tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Risiko ini juga akan semakin meningkat, jika Anda memiliki kebiasaan kurang sehat, seperti sering merokok, jarang olahraga, sering stres, dan tidak menjaga pola makan.

BACA JUGA:Inilah 10 Penyebab Kulit Wajah Suka Memerah

7. Penurunan gairah seksual (libido)

Libido yang menurun adalah salah satu efek begadang. Ketika kurang tidur, tubuh bisa menjadi kelelahan, mengantuk, kekurangan energi, dan lebih mudah stres. Efek begadang ini pada akhirnya bisa membuat Anda menjadi kurang bergairah untuk berhubungan seksual.

Nah, itulah efek samping jika Anda keseringan begadang. Setelah mengetahui bahwa efek begadang tidak ada yang baik bagi tubuh, kini saatnya Anda berpikir lagi sebelum memutuskan untuk begadang. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur minimal 7 jam setiap harinya.

Kategori :