Pemkab Mukomuko Giatkan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Demi Kelancaran Aktivitas Warga

Sabtu 08-06-2024,23:55 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus berupaya menjaga kelancaran aktivitas masyarakat dengan melakukan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan. Langkah ini diambil untuk memastikan akses transportasi yang baik bagi warga, meskipun tantangan yang dihadapi tidaklah sedikit.

Menurut Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST, MT, melalui Bidang Bina Marga, pemeliharaan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan meningkatkan kualitas jalan dan jembatan.

"Pemeliharaan ini rutin kita lakukan, tahun ini sudah banyak yang selesai dan masih berjalan, juga ada yang menunggu antri," ujar Apriansyah.

BACA JUGA:Ribuan Rumah Tidak Layak Huni di Mukomuko Butuh Perhatian

Setiap tahun, anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Namun, jumlah jalan dan jembatan yang harus diperbaiki cukup banyak, sehingga pemeliharaan dilakukan secara bertahap. 

"Yang menjadi target utama pemeliharaan adalah jalan dan jembatan yang menjadi akses penting masyarakat dan berupa jalan pemerintah," tambahnya.

Salah satu program yang sedang berjalan termasuk pembuatan gorong-gorong di lokasi Retak Ilir, rehab jembatan lantai kayu di Suka Pindah, serta jembatan di Dusun Pulau dan Lubuk Bangko.

Apriansyah menegaskan bahwa semua pemeliharaan ini dilakukan secara swakelola untuk memastikan kualitas pekerjaan yang optimal.

BACA JUGA:Bandit Pecah Kaca Gasak Rp 5 Juta di Mukomuko Saat Sholat Jumat

"Kondisi jalan dan jembatan selalu kita cek, juga memantau dari informasi media. Dari sini dinas memutuskan rehab, tentu ada yang didahulukan dan ada yang antri," jelas Apriansyah. 

Ia juga menekankan bahwa pemeliharaan ini merupakan instruksi langsung dari Bupati Mukomuko, yang ingin memastikan tidak ada kegiatan perekonomian masyarakat yang terkendala akibat kondisi jalan yang buruk.

"Ini tentu sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Bupati, karena beliau ingin kegiatan masyarakat lancar," tutupnya.

Dengan adanya pemeliharaan rutin ini, masyarakat Mukomuko diharapkan dapat menikmati infrastruktur yang lebih baik dan aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu. Program ini tidak hanya menjadi solusi jangka pendek, tetapi juga bagian dari upaya jangka panjang untuk meningkatkan kualitas hidup warga Mukomuko. (end)

 

Kategori :