Simak 6 Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot yang Murah, Bisa Pakai Soda Kue

Selasa 04-06-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Untuk cara membersihkannya sendiri di anjurkan untuk memanasi motor terlebih dahulu sampai bagian knalpot panas.

Selanjutnya siram knalpot dengan oli lalu gunakan sikat untuk menyikat bagian yang berkarat tersebut. Nantinya karat pada knalpot akan otomatis terkelupas sendiri.

BACA JUGA:Penting Diketahui, Simak Komponen Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

3. Pasta Gigi

Untuk membersihkan karat pada knalpot motor selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Kandungan saat pada pasta gigi membuatnya mamiliki kemampuan untuk merontokan karat pada bagian knalpot yang berkarat.

Untuk cara penggunannya sendiri hampir sama dengan cara lainnya dimana kamu bisa oleskan terlebih dahulu pasta gigi pada bagian yang berkarat.

Setelah di diamkan beberapa lama barulah basuh dengan air hangat maka otomatis karat akan terangkat, untuk hasil lebih maksimal silahkan gunakan lap bersih.

4. Menggunakan Soda Kue 

Metode pembersihan berikutnya terkait cara menghilangkan karat pada knalpot, adalah dengan menggunakan soda kue. Kamu bisa mencampur soda kue dengan perasan air jeruk sebagai cara menghilangkan karat pada knalpot.

Berlanjut membahas pengerjaannya, kamu bisa oleskan campuran soda kue dan air jeruk itu pada bagian yang berkarat dan diamkan beberapa menit. Setelah karat memudar, kamu dapat membersihkan dengan kain pembersih.

BACA JUGA:Jangan Salah Langkah, Begini Tips dan Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat

5. Oli Gemuk

Oli gemuk di percaya mampu menghilangkan korosi dan mengatasi karat dengan baik. Kamu yang ingin menghilangkan karat pada bagian motor juga perlu menggunakan cara ini agar terhindar dari korosi yang lebih parah.

Ada banyak pilihan gemuk yang bisa digunakan pilih saja yang harganya murah, karena mahal atau murahnya gemuk jika digunakan untuk mengatasi karat maka akan sama saja. 

Oleskan gemuk pada bagian yang berkarat sambil di gosok dengan kain bersih lalu siram lagi dengan air bagian yang berkarat tersebut. Pada bagian terahir silahkan gunakan kain bersih untuk membersihkan knalpot agar gemuk benar-benar hilang.

Itulah 7 tips dan cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan karat pada knalpot tanpa harus sepot respot pergi kebengkel. Semoga bermanfaat. 

Kategori :