Inilah 5 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Senin 03-06-2024,13:33 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain itu, ekstrak daun melinjo dapat mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan efektivitas kinerja hormon insulin. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa daun melinjo memiliki potensi sebagai obat herba untuk mengontrol gula darah.

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Namun, jangan hanya memanfaatkan daun melinjo. Anda juga perlu membatasi makanan tinggi gula, agar kadar gula darah lebih mudah terkontrol.

4. Menjaga berat tubuh tetap ideal

Daun melinjo mengandung banyak serat, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa daun melinjo dapat mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan metabolisme, serta menjaga berat badan tetap ideal.

Sayangnya, manfaat melinjo yang satu ini belum banyak diteliti pada manusia. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda disarankan untuk berolahraga secara teratur serta membatasi konsumsi makanan tinggi kalori, lemak, dan gula.

BACA JUGA:Ketahui 6 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Jantung

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem daya tahan tubuh merupakan pertahanan diri alami manusia dari paparan virus, bakteri, atau zat berbahaya lainnya. Namun, paparan radikal bebas yang berlebihan dapat membuat kinerja sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, tubuh rentan terkena penyakit. 

Daun melinjo bisa jadi makanan untuk menjaga daya tahan tubuh karena daun herbal ini memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan menurunkan sistem imun tubuh. 

Itulah manfaat daun melinjo untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya. 

Kategori :