Rezeki Semakin Mengalir, Hidup Penuh Berkah, Begini Cara Islam Mengatur Keuangan

Jumat 05-01-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Uang memang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun sayangnya banyak orang yang belum mampu mengelola keuangan dengan baik, yang kemudian berujung pada kerugian besar dalam kehidupan mereka.

Dalam ajaran Islam, telah diatur agar umatnya lebih bersyukur dan bijaksana dalam mengelola keuangan. Hal ini karena kesalahan dalam mengatur finansial dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan.

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar dan Sukses dalam Berdagang, Ustadz Khalid Basalamah Bagikan Rahasianya

BACA JUGA:Ingin Hajat Terkabul dan Rezeki Lancar, Amalkan Wirid Ini 100 Kali Tiap Setelah Sholat Isya

Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an surah Al Isra ayat 26-27 yang artinya:

"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya,".

Sebagai seorang Muslim, disarankan untuk menjalani setiap aspek kehidupan sesuai dengan ajaran dan ketentuan yang terdapat dalam syariat Islam.

Dalam Islam, terdapat prinsip-prinsip yang diatur dalam Al Quran dan Hadis terkait pengaturan keuangan. 

Salman Al-Farisi, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, dikenal karena memberikan saran tentang cara mengatur keuangan yang dikenal sebagai "rumus 1:1:1". 

Beliau diceritakan memiliki hanya satu dirham sebagai modal untuk membuat anyaman yang nantinya dijual dengan harga 3 dirham.

Setelah itu, pendapatan tersebut dibagi menjadi satu dirham untuk keperluan keluarganya, satu dirham untuk disumbangkan sebagai sedekah, dan sisa satu dirham digunakan kembali sebagai modal.

Ide ini dapat diadopsi dalam kehidupan sehari-hari dengan membagi pendapatan yang diperoleh menjadi tiga bagian.

Separuh dari total pendapatan dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, separuh lainnya untuk disumbangkan sebagai sedekah, dan sisanya digunakan kembali sebagai modal.

BACA JUGA:Ingin Cepat Kaya, Rezeki Lancar dan Berlimpah, Jangan Lupa Amalkan Doa Berikut

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar, Masalah Ekonomi Tuntas, Mbah Moen Sarankan Amalan Ini

Kategori :