Berkunjung dan Menjelajahi Desa Wisata Belitar Seberang di Rejang Lebong Bengkulu

Rabu 03-01-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin sebagian dari kamu belum banyak mengetahui bahwa Provinsi Bengkulu menawarkan berbagai destina wisata menarik termasuk desa wisata. Desa-desa di Provinsi Bengkulu, kini mulai melakukan pengembangan wisata sesuai potensi yang milikinya.

Sejak tahun 2020 ada beberapa desa wisata di Bengkulu yang ikut dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Salah satunya Desa Wisata Sumber Belitar Seberang. 

Berkat segala potensi yang dimilikinya Desa Wisata Belitar Seberang berhasil masuk ke 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2022. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, secara khusus mengunjungi Desa Wisata Belitar Seberang untuk memberikan apresiasi atas keberhasilan pengembangan destinasi pariwisata di desa tersebut.


Sandiaga Salahuddin Uno, secara khusus mengunjungi Desa Wisata Belitar Seberang untuk memberikan apresiasi-Akun Insatagram @desa_wisata_belitar_seberang-

Desa Belitar Seberang terletak di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Desa wisata ini menjadi salah satu desa yang terkenal dengan wisata air terjun dan pesona lainnya. Memiliki luas wilayah 625 hektare, Desa Belitar Seberang dihuni 297 Kepala Keluarga, dengan jumlah penduduk 1.010 jiwa.

Mayoritas masyarakat Desa Belitar Seberang adalah suku Jawa, tepatnya transmigran dari Kabupaten Blitar Jawa Timur. Sehingga penamaan Desa Belitar Seberang memiliki arti daerah Blitar yang berada di seberang Pulau Jawa.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Pahawang Lampung

Desa Wisata Belitar Seberang dibagi menjadi tiga dusun, Sawentar, Simping dan Penataran. Untuk mencapai Desa Wisata Belitar  Seberang, dari Kota Bengkulu dapat menghabiskan waktu tempuh 3 jam menggunakan kendaraan roda empat melalui jalur Bengkulu- Kepahiang. Desa ini juga bisa diakses melalui jalan lintas Curup Lubuk Linggau.

Desa Wisata Belitar Seberang terkenal dengan potensi wisata alam yang indah dan kaya warisan budaya. Desa Wisata Belitar Seberang menawarkan pengalaman suasana pedesaan yang unik dan menawan bagi para wisatawan yang ingin beristirahat dari kepenatan kehidupan kota.


Salah satu wisata Air Terjun di Desa Wisata Belitar Seberang -Akun Insatagram @illainsrl- 

Desa Wisata Belitar Seberang, Bengkulu memiliki dua pesona air terjun yang memikat mata. Kedua air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mampu menarik para wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun domestik.

Selain itu, Desa Wisata Belitar Seberang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil nira terbaik di Bengkulu, dan Rumah Nira merupakan inisiatif lokal untuk memperkenalkan kekayaan alam pada wisatawan. Proses ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menarik, tetapi juga memberikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian budaya dan tradisi lokal.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, Desa Tertua di Bali

Tak heran jika desa wisata ini mampu memngukuhkan posisinya sebagai salah satu desa pariwisata terbaik di Bengkulu. Penduduk desa yang tadinya sebagian besar menggantungkan hidup dari pertanian dan perkebunan, saat ini mulai bergiat dengan usaha lainnya. 

Kategori :