Belanja Dulu Bayar Nanti! Simak Kelebihan dan Kekurangan Paylater

Selasa 02-01-2024,08:00 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

5. Menawarkan promo menarik

Inilah yang menjadi incaran pengguna paylater. Siapa yang tidak tertarik dengan promo? Ya, promo menarik seperti diskon maupun cashback biasanya sangat disukai oleh banyak orang. 

Salah satu kelebihan paylater yaitu fitur ini seringkali dihadirkan bersamaan dengan promo menarik, sehingga membuat pengguna lebih memilih untuk menggunakannya dibandingkan ketika menggunakan sistem bayar langsung.

Kekurangan Paylater

1. Risiko hutang

Hal yang pasti menjadi kekurangan dari cara transaksi ini adalah para pengguna jadi memiliki risiko hutang yang lebih besar. Pengguna paylater harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam utang yang sulit dibayar. Jika kamu tidak mampu membayar tagihan paylater pada waktu yang ditentukan, kamu dapat terkena denda atau bunga yang tinggi.

BACA JUGA:Mengenal Artificial Intelligence (AI), Pengertian, Manfaat Serta Contoh Penggunaan AI

2. Memicu Prilaku Implusif

Penggunaan paylater dapat memicu pengeluaran berlebihan karena kemudahan untuk melakukan pembelian tanpa harus memiliki uang tunai saat itu juga. Nah, hal ini dapat menyebabkan kamu menghabiskan uang lebih dari itu dan kecanduan berbelanja. Kamu bisa jadi lebih impulsif dan melupakan tabungan yang harusnya kamu miliki.

3. Bunga dan biaya tambahan 

Banyak yang tidak memahami, jika pengguna menggunakan layanan paylater tanpa disadari biasanya dikenakan bunga atau biaya administrasi tertentu sebagai imbalan atas kemudahan yang diberikan. 

Tentunya penggunaan terhadap paylater perlu diperhatikan lebih rinci terlebih dengan jumlah bunga dan biaya tambahan yang akan di keluarkan, sehingga nantinya kamu dapat membuat keputusan yang bijaksana sebelum menggunakan layanan paylater.

4. Dampak terhadap skor kredit 

Penggunaan paylater dapat berdampak pada skor kredit seseorang. Jika kamu tidak dapat membayar tagihan paylater dengan tepat waktu, hal ini dapat mempengaruhi skor kredit kamu di layanan Sistem Layananan Informasi Keuangan (SLIK)/  BI Checking. Ini akan menghambat kamu untuk mendapatkan kredit di masa depan.

BACA JUGA:Bingung Mau yang Mana? Intip 5 Perbedaan iPhone dan Google Pixel

5.Risiko keamanan data

Kategori :