5 Rekomendasi Wisata yang Wajib dikunjungi Saat ke Kalimantan Barat

Minggu 10-12-2023,22:22 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Air Terjun Riam Pangar adalah Objek wisata alam yang menawarkan aliran air terjun yang menawan dengan ketinggan sekitar 10 meter mengalir pada aliran sungai yang dijadikan sebagai wisata rafting. Riam Pangar terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. 

BACA JUGA: 9 Keistimewaan Kebun Teh Wonosari Lawang yang Jarang Ditemukan di Kebun Teh Lain di Indonesia

Air Terjun Riam Pangar adalah aliran sungai satu jalur dengan riam lainnya diantaranya Riam Parangek - Riam Pangar dan Riam Merasap untuk para pecinta olahraga yang ingin mencoba medan rafting dari yang mudah sampai medan tersulit. 

Selain sebagai olahraga rafting, Riam Pangar recomended untuk wisata keluarga karena memiliki area yang ramah dengan anak anak untuk bersantai atau berenang, berendam di area Riam Pangar. 

4. Tugu Khatulistiwa


Tugu Khatulistiwa-Akun Instagram @mulutbebekdiary_official -

Tak lengkap rasanya jika Bertandang ke Kalimantan Barat kamu tidak mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. 

Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menjadi ikon Kota Pontianak ini tak pernah sepi pengunjung. Kalau datang pada waktu yang tepat, kamu dapat menyaksikan peristiwa menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari.

Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa.

5. Pulau Randayan


Pulau Randayan -Akun Instagram @amazingsingkawang-

Pulau Randayan merupakan pulau sepi yang memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih, lengkap dengan pemandangan eksotis bak pulau pribadi. Pulau Randayan berada di kepulauan Lemukutan Besar, di sebelah utara pesisir Kalimantan Barat. Tepatnya berada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Untuk berkunjung ke pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu dari dermaga pantai pasir panjang dengan waktu sekitar 2 jam. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Jika kamu beruntung kamu dapat menyaksikan hewan penyu bertelur. 

BACA JUGA:Nikmati keindahan dan Nuansa Alam Menyegarkan di Juma Lau Deli Serdang, Sumut

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat banyak, mulai dari villa, café dan restoran, dijamin yang akan memanjakan kamu ketika liburan ke pulau ini. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati keindahan pulau bersama keluarga dan teman-teman, Pulau Randayan adalah pilihan yang sangat tepat.

Nah, Itulah 5 destinasi wisata yang bisa kmu kunjungi saat berada di Kalimantan Barat.(**)

Kategori :