Bila Kesulitan Melaksanakan Sholat Tahajud, Gus Baha Sarankan Lakukan Amalan Ini

Senin 04-12-2023,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Hukum Sholat Tahajud Berjamaah, Berikut Penjelasan Gus Baha

Seseorang yang menjalani hari dengan aktivitas hingga larut malam dan tidur pada saat yang sudah terbilang cukup larut, akan mengalami kesulitan dalam bangun untuk melaksanakan sholat tahajud.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan dalam Islam bagi mereka yang dapat melaksanakannya.

Selain mendapatkan pahala yang besar, konsistensi dalam menjalankan sholat tahajud juga diyakini dapat membawa kesuksesan bagi seseorang, baik di dunia maupun di akhirat menurut keyakinan dalam Islam.

Gus Baha memberikan solusi bagi umat Muslim yang kesulitan menjalankan sholat tahajud dengan memberikan amalan-alternatif yang dapat diamalkan.

Menurut Gus Baha, terdapat amalan-amalan yang mudah yang dapat dijadikan sebagai pengganti agar umat Islam dapat melaksanakan ibadah dengan lebih mudah.

Amalan yang dimaksud adalah membaca satu surat dalam Al Qur'an, sehingga dapat diikuti oleh banyak orang sebagai pengganti atau alternatif dalam beribadah.

"Yang penting kalau malam itu ada waktu untuk membaca Al Qur'an," sampai Gus Baha dalam suatu ceramah yang videonya diunggah dibeberapa platform media sosia.

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca setiap malam adalah Al Ikhlas, yang juga dikenal sebagai Surah Qulhu.

BACA JUGA:Meskipun Masih Salah, Gus Baha Sarankan Tetap Lakukan Ibadah Ini, Karena Setan Nangis dan Kesal Melihatnya

BACA JUGA:Ibadah Terbaik Pembuka Pintu Rezeki, Bukan Dhuha dan Tahajud, Gus Baha: Tapi Ini

"Minimal Qulhu, kalau malam baca Qulhu itu buat menggantikan qiyamul lail, ijazahnya cukup Qulhu," pesa Gus Baha.

Menurut Gus Baha, ketaatan seseorang tidak perlu dilakukan secara berlebihan karena hal tersebut tidak mempengaruhi derajat di hadapan Allah.

Sebagai gantinya, seorang hamba sebaiknya beribadah sesuai dengan kemampuannya.

Menurut pandangan Gus Baha, seseorang yang tidak mampu menjalankan salat tahajud dapat menggantinya dengan membaca surat Al-Ikhlas. Dengan demikian, ia tetap dapat meraih pahala di malam hari melalui amalan membaca surat tersebut.

Itulah amalan yang disarankan Gus Baha untuk kita amalkan bila belum masih kesulitan untuk melaksanakan sholat tahajud. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :