Biar Tahu, Inilah Sejarah dan Asal Usul Arisan di Indonesia!

Kamis 30-11-2023,12:03 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

Ekonomi dan Keuangan: Arisan membantu para peserta dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Dengan berpartisipasi dalam arisan, peserta dapat menyisihkan sejumlah uang pada setiap periode arisan, sehingga membantu mereka dalam merencanakan dan mengatur pengeluaran. Arisan juga bisa menjadi sumber tabungan atau modal kecil untuk memulai usaha atau menghadapi kebutuhan mendesak.

Solidaritas dan Sosial: Arisan memperkuat ikatan sosial di antara peserta. Mereka saling membantu satu sama lain dengan memberikan kontribusi atau sumbangan pada saat giliran mereka tiba. Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan solidaritas di antara anggota arisan.

BACA JUGA:Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Saling Mendukung: Arisan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan dukungan dari anggota arisan ketika mereka membutuhkan bantuan finansial dalam situasi tertentu, seperti saat menghadapi peristiwa penting dalam kehidupan, seperti pernikahan, khitanan, atau keperluan darurat lainnya.

Membangun Kebersamaan: Kegiatan arisan menciptakan kesempatan untuk berkumpul dan berinteraksi secara rutin dengan anggota arisan lainnya. Ini membantu memperkuat hubungan sosial dan persahabatan di antara para peserta arisan. Semua manfaat tersebut menjadikan arisan sebagai kegiatan yang bernilai ekonomi, sosial, dan budaya yang penting bagi masyarakat.

BACA JUGA:Jangan Gunakan Pakaian Ini Saat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Doa Akan Sulit Dikabulkan

Arisan, sebuah tradisi budaya yang berakar dalam masyarakat Indonesia, telah berkembang menjadi landasan kuat interaksi sosial dan solidaritas di antara anggotanya, menghubungkan beragam individu dari keluarga hingga tetangga. Melalui berbagai jenisnya, seperti arisan uang dan arisan barang, praktik ini membantu dalam pengelolaan keuangan, memperkuat ikatan sosial, dan memberikan dukungan finansial dalam berbagai situasi. (**)
 

Kategori :