Taman Konservasi Gajah Sumatera Langka di Seblat, Bengkulu Utara, Pilihan Wisata Edukasi

Minggu 26-11-2023,17:38 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Sedikitnya ada 200 ekor gajar liar Sumatera yang sekarang ditangani di pusat Pelatihan Gajah Seblat. Selain ada konservasi satwa-satwa khas Sumatera lain. Persoalan yang sering muncul sebelum adanya konservasi dan pelatihan gajah ini adalah sering terjadi konflik antara gajah-gajah ini dengan para petani.

Gajah liar tersebut kerapkali masuk ke lahan pertanian dan ladang milik warga serta merusak tanaman. Dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan gajah-gajah liar ini dapat diarahkan untuk menjadi hewan yang lebih berguna bagi masyarakat.

Letak konservasi gajah Seblat memiliki pemandangan dengan nuansa yang berbeda dibandingkan bisa destinasi wisata lainnya. Ketika kamu datang berkunjung kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sungai yang dapat memanjakan mata  dan  pepohonan hijau yang rindang.

BACA JUGA:Daya Tarik Pulau Tikus Sebagai Destinasi Wisata Bengkulu, Nikmati Sunset dan Berenang Bersama Ikan Nemo

Kamu juga bisa melihat para gajah yang ada di sekitar kawasan konservasi. Di wilayah kawasan konservasi selalu ada petugas pawang gajah yang akan menemani gajah yang ada di sana. Jika anda tertarik untuk lebih di dekat dengan gajah kamu bisa meminta tolong kepada petugas yang ada disana.

Kamu juga bisa menaiki gajah yang ada di kawasan konservasi tersebut secara gratis atau kalian juga bisa memberi sedikit tips untuk  pawang gajah. 

Tak hanya nikmati pemandangan dan lebih dekat dengan gajah kalian juga bisa menambah ilmu dengan melihat pelatihan-pelatihan gajah yang dilakukan oleh pihak konservasi. Selain itu kamu juga bisa piknik di pinggiran sungai yang ada di kawasan konservasi karena wilayah tersebut memiliki rerumputan yang hijau cocok untuk kamu yang ingin bersantai menikmati pemandangan.

Untuk menuju ke pusat pelatihan gajah Seblat kamu akan melewati beberapa kebun sawit yang cukup padat namun hal itu akan terbayar ketika kamu sampai kawasan konservasi gajah Seblat. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan bermotor ataupun kendaraan roda empat.

Jika ingin berkunjung sebaiknya kamu menyediakan bekal yang kamu beli sebelumnya di beberapa toko ya yang berada sebelum wilayah konservasi. Hal ini dikarenakan pada kawasan konservasi merupakan wilayah kebun sawit yang jarang sekali terdapat warung atau perumahan.(**)

Kategori :