Lomba Kebersihan Instansi

Sabtu 23-03-2013,09:45 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Kemarin, lomba kebersihan dan keindahan dinas/instansi, pemerintah kota/provinsi, perusahaan BUMN/BUMD/swasta, rumah toko serta rumah tempat tinggal dalam wilayah Kota Bengkulu, resmi dimulai.

Demikian dinyatakan Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE usai menggelar apel gabungan didampingi Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda dan seluruh jajaran SKPD-nya di halaman Kantor Walikota sekitar pukul 07.30 WIB.

Kepada para pemenang, walikota mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah hadiah yang berkesan.  Lomba ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan kebersihan dan keindahan semata, melainkan bukti komitmen kita bersama untuk ikut serta dan peduli dengan kebersihan melalui gotong-royong.

\"Pesan saya kepada seluruh pegawai di kantor-kantor, setiap hari kerja agar dipagi hari sesampai dikantor terlebih dahulu dapat menyisihkan waktu untuk mengambil sampah yang terlihat.

Ciptakan Bengkuluku Bersih 2013. Marilah bersama-sama kita bahu membahu guna mewujudkan Kota Bengkulu yang madani dan menjadi tujuan para wisatawan dalam berwisata,\" serunya.

Diakui Helmi, sarana dan fasilitas publik dalam Kota Bengkulu secara umum saat ini belum tertata dengan baik.  Hal ini dapat dilihat dari belum tertatanya seluruh kebersihan lingkungan kantor, penerangan jalan, taman kota, penghijauan, dan ruang terbuka hijau yang sangat penting bagi kelangsungan sebuah kota yang bersih, sehat, dan terang.

“Kedepannya semua itu akan terus dibenahi agar kota kita ini dapat menjadi tempat yang aman, nyaman, sehat, bersih, dan terang. Mari kita peduli dengan lingkungan dengan mendukung gerakan Bengkuluku Bersih 2013. Kalau idak sekarang, kapan lagi cik,\" kata Walikota dalam logat Bengkulu.

Usai melaunching, Walikota dan rombongan langsung meninjau lokasi perkantoran yaitu Telkom di Jalan Basuki Rakhmat, Badan Ketahanan Provinsi, Badan Lingkungan Hidup Kota Bengkulu dengan berjalan kaki. Kemudian dilanjutkan meninjau lokasi kebersihan yang dilakukan warga sepanjang kawasan lokasi percontohan Bengkuluku Bersih di Jalan Suprapto.

“Pesan Bapak Presiden, sampah yang sudah terkumpul jangan dibakar, karena dapat merusak lapizan ozon dan mengakibatkan  pernapasan warga sekitar terganggu, dan itu juga merupakan salah satu hambatan kita dalam meraih adipura,” ujar walikota.

Walikota dan rombongan selain meninjau warga yang sedang bergotong-royong juga berpesan kepada pemilik-pemilik toko dikawasan suprapto untuk semakin peduli dengan kebersihan. “Kepada pemilik-pemilik toko, pemerintah kota mengimbau agar menanami tanaman hias di depan toko, serta mengecat dinding pilar toko berwarna biru pada bagian bawah dan putih pada bagian atas, agar tampak seragam,” pesan Walikota.

Walikota juga menyempatkan melihat dan meninjau drainase serta pengecatan trotoar di Jalan Suprapto. Selain itu, Walikota juga tampak akrab kepada warga dan tukang parkir yang ada di kawasan suprapto. Bahkan Walikota sempat memberikan hadiah uang kepada petugas parkir dan para penyapu jalan. (009)

Tags :
Kategori :

Terkait