Bakal Datangkan Banyak Pahala, Ini Amalan-amlan yang bisa Dilakukan di Bulan Rabiul Awal

Senin 25-09-2023,19:18 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Berzikir kepada Allah SWT juga dapat menjadi salah satu amalan yang dilakukan umat Muslim untuk memperingati Maulid Nabi. Ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan sebagai cara agar setiap Muslim selalu mengingat Allah.

Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam Surat Ar-Ra'd ayat 28 yang artinya"Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram,".

3. Memperbanyak Sholawat

Salah satu amalan sunah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah membaca sholawat sebanyak-banyaknya. 

Sholawat kepada Nabi bisa dibaca kapan saja, tanpa mengenal waktu, mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini sejalan dengan salah satu surah Al-Qur'an berikut ini:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS Al Ahzab: 56).

BACA JUGA:Paten dan Sudah Terbukti! Ini Amalan Pembuka Pintu Rezeki Melimpah

BACA JUGA:Agar Dapat Kerja dan Rezeki Lancar, Bikin Hidup Tidak Susah, Ustadz Adi Hidayat: Amalkan Amalan ini

4. Puasa Sunah

Salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad adalah dengan berpuasa. Rasulullah SAW seringkali berpuasa pada hari Senin sebagai cara untuk memperingati hari kelahirannya. Hal ini sejalan dengan hadits berikut ini:

"Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan Al-Qur’an kepadaku)," (HR Muslim).

5. Perbanyak Sedekah

Amalan sunnah lainnya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah bersedekah.

Ini adalah cara untuk merayakan kelahiran Rasulullah dengan mengekspresikan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan.

Selain itu, bersedekah memiliki keutamaan, di antaranya adalah Allah akan menambah nikmat dan melapangkan rezeki bagi orang yang bersyukur. Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, 'Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'," (QS Ibrahim ayat 7).

Kategori :