Kenapa Anak Perempuan Lebih Cenderung Dekat dengan Ayah, Ini Dia Alasanya

Senin 28-08-2023,20:02 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hubungan antara seorang anak perempuan dan ayahnya memiliki daya tarik yang khas dan istimewa. Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa anak perempuan cenderung memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan ayah mereka daripada dengan ibu mereka. Ada beberapa penyebab yang mungkin menjelaskan mengapa anak perempuan cenderung lebih dekat dengan ayah mereka.

BACA JUGA:3 Trik Ampuh Klaim Saldo DANA Gratis Rp300.000! Langsung Cair ke E-Wallet

1. Keteladan

Ayah sering kali menjadi teladan pertama bagi anak perempuan dalam mengenali bagaimana seorang pria seharusnya bersikap. Anak perempuan akan mengamati dan belajar dari tindakan ayahnya, yang dapat membentuk pandangan dan sikap mereka terhadap pria di masa depan. Karena itu tidak mengherankan jika ada pepatah yang menyatakan bahwa ayah adalah cinta pertama anak perempuan. 

BACA JUGA:Sembilan Nelayan Bengkulu yang Dikabarkan Hilang akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya

2. Tidak hanya Bicara, namun Terlibat

Ayah yang terlibat secara aktif dalam proses kehidupan anak perempuannya, baik itu melalui kegiatan bersama maupun percakapan, akan menciptakan ikatan dan kedekatan emosional, atau dalam istilah lain bounding. Keterlibatan ayah dalam aktivitas anak ternyata bisa menciptakan ruang aman bagi anak perempuan.

3. Pelindungan dan Keamanan

Ayah sering dianggap sebagai pelindung dalam keluarga. Anak perempuan biasnya akan merasa nyaman dan aman ketika bersama ayahnya. Hal ini bisa membantu menciptakan ikatan emosional yang kuat, karena anak merasa dilindungi dan dihargai.

BACA JUGA:Pinjam Uang di Akulaku Langsung Cair ke Rekening, Tanpa Syarat Rumit! Ini Caranya

4. Penerimaan tanpa Syarat

Ayah cenderung menerima anak perempuan apa adanya tanpa banyak kritik atau perbandingan. Perilaku ayah yang sepertin ini ternyata membuat anak merasa diterima dan dicintai tanpa syarat, yang merupakan dasar penting dalam membentuk ikatan emosional yang erat.

5. Komunikasi Tanpa Sekat

Ayah sering kali lebih terbuka ketika berbicara dan mengutarakan hal-hal yang sensitif atau serius. Anak perempuan merasa nyaman berbicara tentang perasaan, masalah, dan pertanyaan yang mungkin sulit mereka bagikan dengan ibu mereka.

BACA JUGA:Temuan Paket Asing Hebohkan Warga Kota Bengkulu, Polda Bengkulu Turunkan Gegana

Kategori :