Mengunduh Isyarat Langit dengan Sholat Istikharah

Jumat 18-08-2023,12:02 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BACA JUGA:Wow! Google Bikin AI yang Bisa Tiru Suara Penyanyi 

2. Istikharah versi sunah ini sangat gamblang.

Jika sesuatu yang hendak dilakukan adalah baik bagi kita menurut Allah maka Dia akan merealisasikannya dan memberkahinya. Sebailiknya, jika tidak baik maka Dia tidak akan merealisasikannya dan akan menggantinya dengan yang lebih baik. Jadinya simpel saja, jika tidak terealisir berarti sesuatu tidak baik. Adakah kepasrahan yang lebih total daripada ini? 

3. Ketenangan hati.

Dengan istikharah versi sunah ini isyarat yang akan diterima adalah ketenangan hati dan kemudahan-kemudahan untuk melakukannya jika itu baik dan kendala demi kendala jika sebaliknya. Ini sangat gamblang jika dibandingkan dengan istikharah versi lain yang menjadikan mimpi sebagai media untuk menangkap isyarat langit, meskipun ini tidak buruk. Sebab tafsiran seseorang pada mimpi kebenarannya relatif karena sangat tergantung pada tingkat pengetahuan akan tafsir mimpi. Istikharah dengan media mimpi jamak dilakukan oleh beberapa ulama dan kaum santri di Indonesia.

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman Serbaguna di Aplikasi Pegadaian Digital, Bisa Cair Sampai Rp 100 Juta

Para ulama mengatakan bahwa istikharah ada tiga tingkatan, yang terbaik dan paling utama di antaranya adalah shalat plus doa sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah dalam hadits tersebut di atas. Tingkatan kedua di bawahnya adalah shalat saja tanpa doa. Sedang tingkatan paling rendah adalah doa saja tanpa shalat.(**)

 

 

Kategori :