Tahun 2023 Masih Pakai PC dengan RAM 8GB, Apakah Memadai Untuk Aktifitas Kinerja?

Minggu 16-07-2023,20:08 WIB
Reporter : Dian Panca
Editor : Rajman Azhar

Misalnya, jika kamu seorang streamer, kamu mungkin akan membuka browser, game, dan juga perekam layar seperti OBS. Semua program ini tentunya memerlukan RAM lebih dari 8 GB agar dapat berjalan lancar tanpa lag di komputer.

Dilansir Crucial, 8GB RAM direkomendasikan untuk penggunaan komputer biasa dan browsing internet, 16GB untuk penggunaan aplikasi Office dan program kantor lainnya, dan setidaknya 32GB untuk game dan creator multimedia.

BACA JUGA:TikTok Music Akan Menjadi Pesaing Berat Spotify dan Apple Music, Apakah Bisa?

Oleh karena itu, jika kamu adalah pengguna yang ingin menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke 16GB atau lebih.

Jadi, apakah RAM 8GB cukup untuk sebuah PC di tahun 2023? Jawaban pertanyaan ini tergantung pada jenis kegiatan ingin kamu lakukan di PC, sistem operasi yang kamu gunakan, dan jumlah aplikasi yang umumnya dijalankan secara bersamaan. 

Jika kamu menggunakan PC untuk aktivitas simpel seperti menjelajah situs dan pengolah kata seperti Word, RAM 8GB sudah lebih dari cukup. Namun, jika kamu menggunakan PC untuk tugas yang lebih menuntut, seperti bermain game atau membuat konten terutama dengan hal yang berkaitan dengan grafis dan multitasking, disarankan untuk upgrade RAM ke 16GB atau lebih untuk sanggup memainkan game atau memperoleh produktivitas yang lebih tinggi di 2023. (**)

Kategori :