Arus Balik Lebaran, Kendaraan Roda Empat Padati Pelabuhan Bakauheni

Selasa 25-04-2023,05:51 WIB
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi pelabuhan eksekutif Bakauheni, Lampung masih didominasi oleh kendaraan roda empat hingga hari kedua Lebaran 2023. 

Ditambah lagi kendaraan roda dua turut mendominasi dengan melintas pintu masuk menuju pelabuhan eksekutif Bakauheni. Namun belum sebegitu padat merayap hingga mengular. 

Diketahui Hari Lebaran, tren penumpang dari Sumatera ke Jawa mulai meningkat. Mengantisipasi terjadinya penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, ASDP telah persiapkan layanan arus balik Lebaran, sehingga pengguna jasa wajib bertiket sebelum tiba di Pelabuhan Bakauheni.

Dalam menghadapi arus balik Lebaran, akan dimulai H+1 pada Senin 24 April hingga H+9 pada Selasa 2 Mei 2023 mendatang. Pada hari Lebaran, trafik kendaraan dan penumpang mulai ramai mengalir, tercatat 30.668 orang dan 6.039 unit kendaraan telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa.

BACA JUGA:INFO PEMUDIK! Polri Rilis Daftar dan Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran

BACA JUGA:CATAT! Jadwal Rekayasa Lalu Lintas One Way Arus Balik Lebaran di Tol Trans Jawa

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pada hari H Lebaran terpantau pergerakan penumpang dan kendaraan di lintas Merak - Bakauheni ramai mengalir di kedua sisi.

"Ada dua tipe pergerakan di hari H Lebaran, mulai dari pemudik dengan tujuan atau jarak tempuh yang dekat untuk bersilaturahmi dengan keluarga, namun ada juga pergerakan menuju tempat wisata," ujar Shelvy Arifin.

Bahkan lebaran kemarin terjadi peningkatan arus kendaraan dari Bakauheni menuju Merak, diperkirakan banyak pengguna jasa memilih untuk menyeberang setelah melakukan Ibadah Sholat Ied. 

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 22 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 23 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau HH, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal.

BACA JUGA:BBM Motor CT125 Ariel Noah Tembus 60 Km per Liter, Netizen: Ayang hati-hati

BACA JUGA:Hukum Puasa Syawal Digabung dengan Puasa Senin Kamis, Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Adapun realisasi total penumpang mencapai 30.668 orang atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 29.674 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 6.039 unit telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada HH atau naik 2% persen, dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 5.899 unit.

Total penumpang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga HH tercatat 416.699 orang atau naik 6%, dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 393.421 orang. Untuk total kendaraan telah menyeberang tercatat 79.762 unit atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 78.062 unit.(**)

 

Kategori :