Gebyar HUT Kota Bengkulu ke-294

Rabu 13-03-2013,11:37 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Nuansa kemeriahan dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu ke-294 tahun ini tampak lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.  Betapa tidak, angin perubahan yang dihembuskan sejak pasangan Walikota H. Helmi Hasan SE dan Wawali Ir  Patriana Sosialinda dilantik pada 21 Januari lalu, benar-benar dirasakan. Salah satunya dilihat dari banyak dan meriahnya rangkaian HUT Kota  ke-294 yang jatuh pada 17 Maret 2013 ini.

“Saya tidak menyangka rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu ke 294 tahun ini meriah.  Salah satunya terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba kebersihan antar kelurahan, lomba olahraga antar instansi Pemkot, pameran tanaman hias, UKM dan kuliner, bahkan pesertanya ada dari luar Kota Bengkulu,” ujar Walikota H. Helmi Hasan saat diwawancarai jurnalis usai membuka salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu ke-294 di halaman Kantor Walikota, Senin (11/3).

Pameran tanaman hias yang dibuka usai apel gabungan yang di Kantor Walikota itu, merupakan agenda tahunan, dan setiap tahun terus diikuti banyak peserta. “Melalui pelaksanaan pameran ini di harapkan dapat memajukan dan mengembangkan industri kecil Kota Bengkulu, sehingga pada akhirnya  dapat menumbuhkan pendapatan dan perekonomian rakyat, hal ini sesuai misi Pemerintah Kota Bengkulu yang ke empat yaitu membangun ekonomi kreatif dan iklim usaha yang kondusif,” ujar walikota termuda di Indonesia itu.

Di bagian lain, Koordinator Pameran Tanaman Hias, Industri Kecil dan Kuliner, Dr Fitriani AP MSi mengatakan pameran ini diikuti oleh 44 perajin, dari berbagai kabupaten di Provinsi Bengkulu.

“Acara ini diikuti 44 perajin, termasuk dari kabupaten tetangga yakni Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Utara, serta Tim Penggerak  PKK se-kota dan kabupaten,” ujar kepala Bappeda itu.

Salah seorang peserta pameran tanaman hias, Iswidia Astuti mengungkapkan bahwa tahun ini peserta tanaman hias lebih banyak dari tahun lalu. “Saya sangat senang bisa mengikuti pameran tanaman hias dalam rangka HUT kota ke-294, tahun ini ternyata lebih banyak peminatnya,” ujar Astuti.

Senada juga dikatakan Sakirin, menurutnya apa yang digelar oleh pemerintah kota sangat bagus dan menumbuhkan kreativitas perajin tanaman hias.

“Melalui pameran ini kami bisa mengenalkan kepada masyarakat bibit-bibit unggul dari berbagai jenis tanaman hias,” ujarnya. Sementara itu, rangkaian demi rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu ke 294 telah dimulai sejak 26 Februari 2013 lalu, yakni launching Gotong Royong,  Bhakti Sosial Dan Donor Darah, Pembukaan Bola Voly antar Kecamatan, dan Futsal antar SKPD dan Antar Kelurahan, Pertandingan Sepak Bola Eksekutif dan Legislatif 10 Maret di Stadion semarak Bengkulu. Panggung Hiburan Rakyat Terbuka, Pameran tanaman hias, kuliner dan UMKM yang dimulai tanggal 11 hingga 21 Maret yang dipusatkan di jalan S. Parman, Simpang Lima Kota Bengkulu.

Dan pada 14 Maret akan digelar Tabur Bunga Ke Makam Mantan – Mantan Walikota Bengkulu, yang kemudian akan dilanjutkan doa bersama pada malam harinya di Balai Kota, serta Sarasehan dan Dialog pada 15 Maret, Gladi Upacara HUT Kota pada 16 Maret, Upacara HUT Kota Bengkulu ke 294 dan Rapat Paripurna pada Minggu 17 Maret, sekaligus jambar nasi kunyit dan dilanjutkan dengan Malam Syukuran Hari Jadi HUT Kota Bengkulu di Balai Kota. Dan rangkaian acara diakhiri dengan pembukaan dan pelepasan Cross Country dan Fun Bike pada 24 Maret mendatang. (400/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait