2 Abad Perjanjian Traktat London, Pemprov Bengkulu Siapkan Wisata Internasional

Senin 13-02-2023,09:40 WIB
Reporter : Rewa DY
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini sedang mempersiapkan event wisata internasional. Event wisata tersebut rencana digelar bertepatan dengan 2 abad perjanjian Traktat London pada 17 Maret 2024.

Asisten I Setda Pemprov Bengkulu Drs Khairil Anwar MSi mengatakan, dalam upaya mempromosikan pariwisata Bengkulu, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggelar event wisata internasional bernama Tour de Bencoolen.

Direncanakan event wisata ini dilaksanakan pada Maret 2024, bertepatan dengan perjanjian Traktat London yakni perjanjian yang berisi tentang pertukaran kekuasaan Inggris di Bengkulu dengan kekuasaan Belanda di Malaka dan Singapura.

"Seluruh panitia sudah kita bentuk dan semoga event ini pada Maret 2024 nanti bisa berjalan dengan sukses dan lancar," kata Khairil, Minggu (12/2/2023).

BACA JUGA:Aplikasi Pak Tani, Marketplace Pertama di Indonesia Bisa Sejahterakan Petani

BACA JUGA:Kajari Bengkulu Tengah Berkomitmen Dukung Percepatan Pembangunan

Menurut Khairil, event wisatawan Tour de Bencoolen merupakan event wisata balap sepeda yang akan diikuti wisatawan domestik dan internasional. Event ini akan menggandeng 4 negara, Inggris, Belanda, Malaysia, dan Singapura.

"Jadi pesertanya nanti datang dari dalam negeri dan luar negeri. Untuk luar negeri itu ada negara Inggris, Belanda, Malaysia, dan Singapura," tuturnya.

Setiap negara bisa mengirimkan peserta untuk mengikuti event wisata internasional ini. Sebab, pelaksanaan event ini nantinya sama seperti Tour de France di Prancis dan Tour de Singkarak di Sumatera Barat.

"Jadi ini nanti kejuaraan balap sepeda yang bergengsi dan diikuti pembalap sepeda profesional dari sejumlah negara dan daerah di Indonesia," ungkapnya.

Terkait dengan rute yang akan dilintasi oleh para peserta balap sepeda, pemprov masih melakukan rapat. Bahkan agar pelaksanaan Tour de Bencoolen berjalan lancar, pemprov telah menggandeng Malaysia.

"Kita juga bekerja sama dengan Malaysia untuk ikut menyukseskan event ini," ujarnya.

Ia mengaku, Malaysia bersedia membantu penyelenggaraan Tour de Bencoolen 2024, sebagai upaya promosi pariwisata provinsi Bengkulu. Bahkan mereka siap memperkenalkan Bengkulu hingga ke kancah internasional.

"Malaysia bersedia membantu kita, semoga Ini sebagai langkah awal untuk memperkenalkan Bengkulu ke dunia internasional," tutupnya.(999)

 

Kategori :