Cegah Penyebaran PMK di Bengkulu, Satgas PMK Sudah Vaksin 7.140 Ternak

Jumat 29-07-2022,11:12 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Provinsi Bengkulu kian meluas. Saat ini sudah tercatat 5.298 hewan ternak yang terjangkit PMK.

Ribuan hewan ternak yang terjangkit PMK tersebut tersebar di 8 kabupaten dan Kota Bengkulu. Hanya satu daerah yang hingga saat ini tercatat 0 kasus PMK, yaitu kabupaten Lebong.

Satuan tugas (satgas) PMK yang dibentuk oleh Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu dan tim gabungan lainnya hingga saat ini terus menggencarkan vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak yang ada di Bengkulu.

BACA JUGA:Hanya di Kabupaten Lebong Belum Ditemukan Kasus PMK


Ist/BE - Satgas PMK Polda Bengukulu saat melakukan penyemptotan disenfektan dan pengecekan hewan ternak-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dikatakan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, pihaknya telah melakukan vaksinasi ke 7.140 ekor hewan ternak yang ada di Bengkulu.

Artinya, pelaksanaan vaksin terhadap hewan ternak yang dilakukan satgas PMK sudah menyebar ke berbagai daerah. Bahkan, vaksin yang diberikan tidak hanya pada hewan ternak yang terjangkit tetapi bagi hewan ternak yang sehat. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penularan wabah PMK dari ternak satu ke ternak lainnya.

"Saat ini satgas PMK telah melakukan berbagai upaya mulai dari vaksinasi, edukasi dan pendataan terhadap hewan ternak yang dilakukan secara door to door," kata Kombes Pol Sudarno, Jumat (29/7) pada Bengkuluekspres.com.

BACA JUGA:2 Pemancing Terjatuh dari Tebing, 1 Hilang Ditelan Ombak

Kombes Pol Sudarno juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan upaya-upaya pencegahan agar penularan wabah PMK tidak meluas ke daerah-daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Disebutkan Sudarno, terkat persediaan dosis vaksin bagi ternak untuk saat ini masih mencukupi. 

"Kita akan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi bagi ternak ini dipercepat dan sebagai upaya pencegahan agar wabah PMK tidak meluas," tutup Kombes Pol Sudarno. 

Diketahui Rekapitulasi  Kasus PMK Di Provinsi Bengkulu per 27 Juli 2022, satgas PMK Bengkulu telah mendistribusikan vaksin sebanyak 8.300 ke 8 kabupaten dan Kota Bengkulu serta UPTD IB dan PPT provinsi Bengkulu. 

Selanjutnya sebanyak 5.298 hewan ternak baik sapi, kambing dan kerbau terjangkit PMK. 17 ternak dipotong bersyarat, 33 hewan ternak mati karena PMK, 2.857 hewan ternak yang sembuh dari PMK, 7.140 vaksinasi terealisasi dan terakhir 2.391 sisa hewan ternak yang terjangkit PMK di Bengkulu. (TRI).

Kategori :