Para Pendekar Kuntaw di Tanah Haji

Kamis 10-02-2022,15:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Tidak satupun buah duku yg jatuh mengenai tubuh beliau. Secara fisik beliau terlihat lamban,matanya sebelah tidak bisa melihat, berjalan dengan kaki agak mengangkang, tubuhnya agak bungkuk. Tapi jika sudah bermain silat tubuhnya gesit dan lincah.

Beliau tidak memiliki anak lelaki, namun demikian anak perempuannya yg bernama Sedah dan Suri menguasai Kuntaw warisan ayahnya.

 

Semasa hidupnya beliau mengajar silat dibanyak tempat. Saat ini penerusnya adalah cucunya yaitu Maulana dan Mastulin di desa Karang Pendeta.

JALANG SAKA ( ABU NAWAS) Dari Desa Karang Pendeta. Beliau seorang pendekar Kuntaw sejak era Belanda. Beliau berguru pada banyak Pendekar Kuntaw salah satunya pada Refik  orang Sunda dari Sipatuhu Ranau yg menguasai silat Cimande.

Di zaman pemerintahan Pangeran Jamil Pesirah Marga Haji, Jalang Saka pernah diadu dengan pengawal Pembarap Tanjung Iman. Jalang Saka unggul dalam pertarungan itu. Sehingga beliau mendapat julukan Hulu Balang Marga Haji.

Aliran silat beliau adalah Kuntaw Melayu. Tubuhnya tinggi besar, sikap dan tempramen Jalang Saka dikenal keras dan terkenal pemberani. Semasa hidupnya beliau rutin mengajar Kuntaw, muridnya banyak.

Saat ini penerusnya di Desa Karang Pendeta adalah Jamil. JAMSAK Perawakannya kecil dan berkulit gelap. Beliau berasal dari tanah Sunda. Menikah dengan perempuan dari Desa Surabaya Haji. Menguasai aliran silat Cimande, masa lalunya malang melintang didunia hitam sebelum menetap di Desa Surabaya. Beliau terkenal kebal senjata tajam dan benda tumpul.

Suatu hari saat hari Kalangan (hari pasar) di Kuwal pernah ditanduk sapi gila sampai tubuhnya terjepit didinding rumah tapi jangankan luka, lecet pun tidak nampak pada tubuhnya. Memiliki keahlian pengobatan patah tulang.

Beliau tidak memiliki anak laki-laki. Beliau bersumpah untuk tidak mewariskan ilmu kebalnya. Sebab menurut beliau ilmu itu panas dan dapat berakibat buruk bagi pemegangnya. Tidak ada keturunan atau muridnya yang menjadi penerus  keahlian silat Jamsak.

MANGKUALAM (HAMID).

Berasal dari Desa Kuripan, Sejak muda merantau ke daerah Palas Lampung Selatan. Aliran Kuntaw beliau disebut Kuntaw 'Pergaulan'. Beliau berguru pada Tunip (berasal dari Bengkulu) saat di Palas. Tahun 1950 beliau pulang ke Desa Kuripan dan mengajar banyak murid.

Tidak pernah terdengar beliau memiliki musuh seteru. Bahkan semua Pendekar Kuntaw diantaranya Jalang Saka dan Jamsak bersahabat dan saling mengakui bersaudara dengan beliau. Dikenal sebagai pribadi yang sabar.

Beliau juga ahli dalam bidang pengobatan tradisional, pada masa itu jika ada bayi lahir dan diberi  nama Hamid biasanya itu adalah penghormatan kepada beliau sebab orang tua bayi tersebut berobat kepada beliau untuk mendapat keturunan.

Setelah anak beliau yang bernama Musa Setia Mukmin dan Ibrahim Indra Bangsawan meninggal, Saat ini penerus Kuntaw Pergaulan di desa Kuripan adalah Sofyan bin Ibrahim Indra Bangsawan.

PRABU (CIK AGUS)

Kategori :