Rekam e-KTP Terkendala Alat

Selasa 05-03-2013,14:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, BE - Pelaksanaan perekaman e-KTP di Kabupaten Lebong terus berjalan secara gratis hingga 31 Desember 2013 mendatang. Namun sejauh ini perekaman data e-KTP yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong melalui masing-masing kecamatan terkendala kurangnya peralatan perekaman e-KTP tersebut.

Kadisdukcapil Lebong, Drs Syamsul Bachri BS MSi  mengungkapkan, saat ini pihaknya baru memiliki 9 alat perekaman e-KTP. Lima alat dipasang di Kecamatan Lebong Atas, Lebong Utara, Lebong Tengah, Lebong Selatan dan Rimbo Pengadang. Sedangkan 4 alat lainnya merupakan alat mobile yang ada di Kantor Dukcapil yang bisa dibawa kemana-mana dengan menggunakan mobil perekaman e-KTP.

\"Kita akui, sejauh ini kita masih memiliki kendala dalam perekaman e-KTP terutama pada alat yang masih minim. Saat ini baru 5 kecamatan induk saja yang memiliki alat perekaman, artinya kita masih kekurangan alat sekitar 7 alat perekaman e-KTP lagi,\" ungkap Syamsul.

Guna menambah alat tersebut, pihak Dukcapil telah mengajukan usulan kepada Pemerintah Kabupaten Lebong dan Pusat. \"Untuk usulan itu sudah pernah kita usulkan, baik ke pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,\" tambahnya.

Meski alat perekaman terbatyas, Syamsul optimis tahun 2013 ini capaian target bisa tercapai yakni 55.052 jiwa. \"Untuk mengejar target ini kita ada langkah yang sudah direncanakan yakni penggarapan khusus, jadi kita lihat legokan di setiap kecamatan dimana yang masih banyak sasaran. Kemudian sistem sapu jagat, jadi nantinya kita juga akan menyisir desa dan kecamatan yang belum digarap secara khusus. Mudah-mudahan kita bisa mencapai target perekaman e-KTP di Lebong ini,\" katanya.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait