Gunakan Listrik Prabayar

Selasa 05-03-2013,10:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RATU SAMBAN, BE -  PLN Area Bengkulu terus melakukan upaya untuk menekan jumlah tunggakan dan pembengkakan  pembayaran listrik.  Salah satunya dengan memudahkan pelanggan dalam membayar listrik dengan menggunakan listrik pintar atau dikenal  listrik prabayar.

\'\'Selama ini kita menggunakan sistem pembayaran melalui  pemotretan Kwh meter, kemudian   pelanggan harus membayar sesuai dengan jadwal  yang telah ditetapkan PLN  setiap bulanya.  Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, maka pelanggan dikenakan sanksi dengan pemutusan  sementara,  hingga pemutusan,\'\' kata Kepala Cabang PLN Bengkulu, Hadi Saputra.

Namun dengan menggunakan sistem listrik prabayar, maka ketidaknyamanan itu akan sedikit berkurang.   Listrik prabayar ini,  selain memudahkan kita untuk  mengukur berapa besaran kebutuhan daya listrik  yang digunakan pelanggan, juga saat  energi listrik yang tersimpan mendekati habis, maka  akan ada  sinyal untuk segera dilakukan pengisian ulang.

\"Pelanggan listrik prabayar, dimana kendali penggunaan listrik di rumah pelanggan sepenuhnya berada di tangan pelanggan.  Artinya, setiap pelanggan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.  Untuk bermigrasi dari listrik pascabayar ke listrik prabayar,\" katanya.

Dan untuk mudah diakses, PLN   saat ini terus mengembangkan  tempat-tempat  pembelian  isi ulang listrik prabayar tersebut.  \"Kita akan sebarkan loket-loket  penjualan listrik prabayar di  kabupaten/kota,\" kata Hadi. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait