Banyak ODGJ Berkeliaran di Kota Manna

Minggu 04-07-2021,20:59 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Akhir- akhir ini orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) semakin marak ditemukan berkeliaran dalam wilayah Bengkulu Selatan (BS). Keberadaan ODGJ ini sering meresahkan warga. Sebab ada yang membuat ulah dengan mengumpulkan sampah. Sehingga membuat di daerah tersebut menjadi kotor.

\"Saya sering mendapat laporan dari warga atas keberadaan ODGJ ini,\" kata Camat Kota Manna, Septi Aprida SSos.

Dikatakan Septi, para ODGJ ini sering kelihatan berjalan di pinggir jalan dengan pakaian tidak pantas. Sehingga warga yang melihatnya menjadi tidak enak. Seperti di daerah Tugu KB, ada ODGJ yang membentangkan pakaian di tengah jalan dan membawa barang bekas. Mendapat laporan tersebut, pihaknya bersama pihak dinas sosial langsung mendatangi tempat ODGJ tersebut. Lalu memberikan pakaian layak pakai untuk dipakaikan kepada ODGJ tersebut. Sedangkan sampah yang dibuangnya langsung dibersihkan dan dibuang ke tempat sampah.

\"Kita berikan baju layak pakai, lalu sampahnya kita buang serta kita giring untuk pergi dari tempat itu agar tidak mengganggu warga,\" beber Septi.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Sosial BS, Didi Ruslan Msi melalui Kasi Rehabilitasi, Agus Suharto SIp mengaku saat ini yang bisa dilakukan pihaknya memberikan pakaian layak pakai dan makanan. Sedangkan untuk dievakuasi pihaknya belum punya tempat.

\"Kami belum punya tempat untuk evakuasi, sehingga saat ini baru pemberian pakaian dan makanan,\" ujarnya.

Dijelaskan Agus, para ODGJ yang berkeliaran tersebut tidak diketahui keluarganya. Sehingga pihaknya kesulitan menghubungi pihak keluarganya. Diperkirakan ODGJ tersebut berasal dari daerah luar BS. Sebab, jika warga BS, pihaknya langsung menghubungi keluarganya untuk kemudian dibawa pulang. Setelah itu diarahkan untuk dirawat di rumah sakit jiwa Bengkulu.

\"Kita kesulitan mencari keluarganya, sepertinya mereka itu dari luar BS,\" terang Agus. (369)

Tags :
Kategori :

Terkait