4 Warga Positif DBD

Sabtu 23-02-2013,18:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP TENGAH, BE - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) ternyata tidak hanya menyerang warga pemukiman kumuh, dengan kondisi ekonomi masyarakat pas-pasan.  Buktinya, 4 warga perumahan elit, perumahan BTN Idaman Permai yang berada di Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah, positif terjangkit penyakit DBD.

Ke-4 warga yang terjangkit DBD tersebut berada dalam satu kompleks perumahan yang jaraknya tidak saling berjauhan.  Dua diantaranya diketahui istri dan anak salah seorang wakil rakyat di Kabupaten Kepahiang.

Camat Curup Tengah Edi Robinson kepada wartawan, Jum\'at (22/2) membenarkan ada warga di wilayahnya yang terjangkit DBD tersebut. \"Memang ada warga kami yang terkena penyakit DBD di Kelurahan Air Bang, dan kabarnya sudah dibawa berobat ke salah satu klinik swasta di Kota Curup,\" tutur Camat.

Sementara itu, pihak Dinas Kesehatan juga telah melakukan pengasapan (fogging) di perumahan warga Kelurahan Air Bang yang positif didiagnosa menederita DBD.  \"Kemarin sudah difogging, 4 warga memang positif terjangkit DBD, namun mereka sudah pulang ke rumah masing-masing setelah kita lakukan fogging,\" katanya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang lebong, Herwantoni SKM M.Kes saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress melalui handphon, kemarin.

Dijelaskan Toni, penggilan akrab Plt Kepala Dinkes itu, wabah DBD merupakan penyakit yang tidak memandang status sosial atau lokasi. \"Mobilitas penduduk juga mempengaruhi penyebaran DBD ini, lagi pula, nyamuk Aedes aegypti yang merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah, bertelur di genangan air bersih, bukan air kotor. Seperti genangan air hujan diatap rumah atau genangan air pada kaleng bekas,\" tegas Toni. (999)

Tags :
Kategori :

Terkait