4 Pos PBK Baru Segera Dibangun

Sabtu 23-02-2013,13:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI,BE – Di tahun 2013 ini, sebanyak 4 Pos Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) akan dibangun di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong. Hal tersebut dimaksudkan agar petugas PBK bisa dengan cepat menangani kebakaran ketika terjadi bencana kebakaran.

Selama ini Pos PBK di Lebong baru terdapat 1 unit yang letaknya di wilayah Kecamatan Lebong Utara. Sehingga jika terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang ataupun Topos, sangat sulit dijangkau oleh pihak PBK dikarenakan jarak tempuh yang mencapai 1 hingga 2 jam perjalanan. Dengan penambahan 4 pos tersebut, diharapkan kinerja PBK akan menjadi lebih maksimal.

Disampaikan Kepala Kantor Satpol PP dan PBK Lebong, Zainal Husni Toha SH melalaui Kasi Ops Suherman Amri, keempat Pos PBK tersebut segera dibangun ditahun 2013 melalui dana APBD 2013. Adapun rencana pembangunan empat pos PBK tersebut, yakni di 1 pos untuk menganani Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kecamatan Topos.

Satu pos untuk menangani Kecamatan Lebong Selatan, Kecamatan Ingin Kuning, dan Kecamatan Lebong Sakti. Pos berikutnya untuk menangani Kecamatan Lebong Tengah, Uram Jaya, Amen, Pinang belapis dan Lebong Utara. Terakhir, 1 pos untuk menangani Kecamatan Lebong Atas, Pelabai dan Padang Bano.

\"Jadi nanti setelah pos tersebut dibangun maka kita juga akan melakukan perekrutan anggota PBK. Sebab dalam satu Pos nantinya akan kita siagakan masing-masing satu regu atau 12 orang personil PBK. Kita berharap dengan dibangunnya empat Pos PBK tersebut bisa mengatasi kebakaran agar tidak banyak yang menjadi korban,\" ungkap Suherman.

Dikatakan Suherman, dalam perekrutan anggota PBK nantinya, seluruh anggota baru tersebut akan diikutkan dalam Diksar di Pusat Pendidikan PBK di Cilacas Bogor untuk mendapatkan materi dan cara menangani bahaya kebakaran. Selain itu, untuk armada PBK yang dimiliki pihaknya saat ini berjumlah 4 unit mobil PBK, dan ditahun 2013 mendapat satu penambahan armada PBK kapasitas 700 liter, sehingga jika terjadi kebakaran di gang-gang sempit masih bisa dilalui mobil PBK.

\"Seluruh kegiatan Diksar, pembangunan 4 Pos PBK dan penambahan mobil PBK tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Lebong tahun 2013, namun untuk berapa jumlahnya saya belum mengetahuinya sebab saat ini Kakan (Kepala Kantor) kita belum masuk karena masih dalam masa pemulihan pasca operasi,\" pungkas Suherman. (777)

Tags :
Kategori :

Terkait