Dana Rp 352 Juta Per Kelurahan di Kota Bengkulu Dicairkan Besok

Kamis 10-09-2020,16:27 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pemerintah Kota Bengkulu bakal melakukan pencairan dana kelurahan untuk setiap kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. Masing-masing kelurahan bakal mendapat kucuran dana sebesar Rp 352 juta yang akan mulai dicairkan besok, Jumat (11/09). Pencairan tahap pertama dana kelurahan ini diberi batas waktu paling lambat 18 September 2020 nanti.

Plh Sekda Kota Bengkulu, Bujang HR mengatakan, dalam proses pencairan pihaknya lebih memfokuskan untuk teknis pelaksanaan atau proses pencairan dana kelurahan yang akan diterima setiap kelurahan nantinya.

\"Petunjuk teknis sudah disiapkan dan akan diserahkan ke BPKAD. Jika hari ini selesai maka besok dana tersebut bisa dicairkan. Saya minta kepada 67 kelurahan di Kota Bengkulu segera mengusulkan proses pencairan tersebut dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan, agar dana tersebut bisa dicairkan hari ini,\" kata Bujang usai menggelar rapat koordinasi bersama OPD dan camat di Pemkot Bengkulu, Kamis (10/09).

Ia menambahkan, pihaknya sudah menargetkan 50 persen dari dana kelurahan tersebut untuk bisa terserap oleh setiap kelurahan. Dana kelurahan tersebut bisa digunakan oleh kelurahan yang terbagi untuk dua kegiatan yakni 70 persen untuk pembangunan fisik, dan 30 persennya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat serta berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat

Ada sedikit perubahan dalam petunjuk teknis dana kelurahan pada tahun ini, yakni soal perencanaan. Jika tahun sebelumnya biaya yang dikeluarkan dalam proses perencanaan tidak boleh masuk dalam dana kelurahan, maka utnuk tahun ini seluruh biaya perencanaan yang dibuat sudah dimasukkan dalam dana kelurahan dengan tujuan agar setiap kelurahan bisa segera melakukan pengajuan dan tidak ada lagi kendala soal biaya perencanaan.

Dana kelurahan ini seharusnya sudah dicairkan sejak Mei 2020 lalu. Namun dihentikan sementara karena terkendala adanya pandemi covid-19. Diketahui, total dana kelurahan yang dikucurkan adalah sebesar Rp 23,58 miliar yang dibagi Rp 352 juta per kelurahan se-Kota Bengkulu. (Imn)

Tags :
Kategori :

Terkait