Kodim RL Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Rabu 03-06-2020,11:25 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, BE- Jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong bersama Polres Rejang Lebong (RL) serta pihak terkait lainnya mulai mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat Rejang Lebong. Kegiatan sosialisasi tersebut dikemas dalam Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di wilayah Kodim 0409/Rejang Lebong.

Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf Sigit Purwoko SE mengungkapkan operasi yang mereka lakukan tersebut sesuai dengan perintah Presiden RI dan Panglima TNI dalam rangka menuju new normal life.

\"Sebenarnya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 ini sudah kita laksanakan sejak terbentuknya gugus tugas Covid-19,\" papar Dandim.

Hanya saja menurut Dandim, dengan adanya operasi ini maka kegiatan yang mereka lakukan tersebut akan lebih masif lagi, bila selama ini menurutnya patroli yang mereka lakukan hanya dua atau tiga hari sekali, namun sejak adanya operais tersebut akan dilaksanakan setiap hari. Karena menurut Dandim mereka ingin mengejar di bulan Juni ini semua masyarakat sudah teresosialisi dengan baik terkait dengan pentingnya protokol kesehatan.

\"Kegiatan ini memang agak berat, karena kita mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan tidak semua masyarakat peduli akan protokol kesehatan ini,\" tambah Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan untuk tahap pertama, kegiatan akan mereka laksanakan selama dua minggu. Selama dua minggu tersebut kegiatan yang akan dilakukan yaitu secara pendekatan persuasif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan serta melakukan pengecekan suhu tubuh.

\"Kita berharap di dua minggu pertama ini sudah bisa sesuai dengan yang kita harapkan, bila belum juga maka akan kita koordinasikan dengan ketua gugus tugas untuk dibuatkan Perbub terkait dengan sanksi bagi masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan,\" terang Dandim.

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dheny Budhiono SIK MH mengungkapkan kegiatan operasi pendisiplinan masyarakat tersebut merupakan bentuk dari sinergitas, kolaborasi antara TNI dan Polri serta pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Kapolres, dalam kegiatan tersebut petugas gabungan akan melaksanakan operasi penegakan disiplin, dengan tuga pokok untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan berkaitan dengan COVID-19.

Pelaksanaannya cenderung kearah sosialisasi dan himbauan yang sopan dan humanis, sehingga kegiatannya lebih banyak melakukan arahan dan himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

\"Dalam operasi ini kami dari jajaran Polres Rejang Lebong menyiapkan 20 personel untuk bersama-sama mengukasi masyarakat kita,\" sampai Kapolres.

Disisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM mengungkapkan bahwa kegiatan operasi tersebut merupakan bentuk kepedulian semua pihak terkait dengan pentingnya menggunakan masker serta sejumlah protokol kesehatan lainnya.

Wabup berharap dengan adanya operasi tersebut, semua masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

\"Karena ini merupakan tugas bersama, saya berharap sosialisasi terkait protokol kesehatan ini bukan hanya dilakukan oleh jajaran TNI, Polri dan pemerintah daerah namun semua elemen harus ikut mensosialisasikan sehingga masyarakat kita bisa mematuhi protokol kesehatan ini,\" tutup Wabup.

Kegiatan apel gelar pasukan kemarin dilaksanakan Lapangan Makodim 0409/Rejang Lebong dan juga dihadiri Ketua DPRD Rejang Lebong, Ketua PN Kelas IB Curup serta unsur gugas tugas penanggulangan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait