Tiga Warga Terjangkit DBD

Jumat 10-01-2020,14:56 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengklu Ekspress – Awal tahun 2020, sebanyak 3 orang warga Kabupaten Lebong terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Salah satu diantaranya masih mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Lebong.

Adapun 3 orang warga yang positif DBD yaitu Herlina (26) warga Desa Semelako III Kecamatan Lebong Tengah, Suci (16) dan Eki Pertiwi (28) warga Kelurahan kampung Jawa Baru Kecamatan Lebong Utara TK Pembina Lebong.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong Rachman SKM MSi, mengatakan bahwa diawal tahun 2020 iniada masyarakat yang telah positif terjangkit DBD dan semuanya telah mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan. “Dari 3 pasien 2 sudah diperbolehkan pulang dan 1 masih dirawat di RS dan kemungkinan besok (hari ini) sudah pulang,” jelasnya, kemarin (09/01).

Sementara untuk kawasan rumah warga yang terjangkit DBD, telah dilakukan foging. Akan tetapi foging bukan upaya pencegahan namun memberantas nyamuk dewasa dan tidak membunuh bibit atau jentik nyamuk. “Fogging baru kita lakukan ketika sudah ada masyarakat yang positif DBD,” sampainya

Untuk itulah dirinya meminta kepada seluruh masyarakat apalagi saat ini masuk kedalam musim penghujan, agar bisa melaksanakan gerakan 3 M yaitu Menguras tempat-tempat yang dapat menampung air hujan, menutup rapat-rapat tempat air dan memanfaatkan kembali atau mandaur ulang barang bekas yang memiliki potensi pengembangbiakan nyamuk. “Juga bisa menambur bubuk abate, menggunakan kelambu dan selalu menjaga kebersihan lingkungan,” ajaknya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait