PPL Ujung Tombak Pertanian

Selasa 26-11-2019,12:09 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, bengkuluekspress.com - Gubernur Bengkulu, Dr drh H Rohidin Mersyah, MMA mengungkapkan bahwa ujung tombak kemajuan pertanian di Provinsi Bengkulu ada di Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Hal tersebut dikarenakan PPL yang bersentuhan langsung dan membina para petani di Bengkulu untuk maju.

\"Maju tidaknya sektor pertanian kita ada di tangan kawan-kawan PPL, karena PPL lah yang bersentuhan langsung dengan petani,\" sampai Rohidin saat menyerahkan kendaraan operasional PPL Kabupaten Rejang Lebong di Lapangan Sepak Bola Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara Senin (25/11) pagi kemarin.

Karena pentingnya peran PPL dalam memajukan pertanian di Provinsi Bengkulu tersebut, maka menurut Rohidin Pemerintah Provinsi Bengkulu menyediakan kendaraan operasional bagi PPL yang ada di Provinsi Bengkulu tak terkecuali yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. \"Peran PPL ini sangat penting untuk menggerak sektor pertanian kita, disisi lain kita juga telah menunjang dengan pembangunan infrastruktur, dimana saat ini perbaikan jalan provinsi sudah kita lakukan secara bertahap dan kita targetkan 2021 semuanya sudah selesai,\" jelas Rohidin.

Kemudian dengan adanya bantuan kendaraan operasional berupa kendaraan roda dua tersebut, gubernur berharap bisa menambah semangat PPL untuk bekerja dan lebih profesional lagi sehingga mereka bisa menjadi teman petani. Keberadaan PPL juga diharapkan bisa membantu petani bertransformasi, karena saat ini semakin hari teknologi yang akan digunakan petani akan semakin canggih dan pemasaran dari ahsil pertanian ini akan semakin luas, oleh karen itu menurut gubernur kalau tidak ditingkatkan kapasitas dan kemampuan dari para petani tersebut maka para petani di Provinsi Bengkulu akan ketinggalan dan semakin terpuruk.\"Oleh karena itu pentingnya mobilisasi PPL ke lapangan, dengan kendaraan ini PPL bisa meningkatkan mobilisasi mereka ke lapangan sehingga mereka betul-betul dirasakan dan menjadi sahabat para petani,\" sampainya.

Sementara itu, Priyono Ananto koordinator PPL Rejang Lebong mengaku kehadiran kendaraan operasinal yang diberikan Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut nantinya akan sangat membantu pihaknya dalam melaksanakan tugas di lapangan. Karena menurut Priyono di 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong ada sekitar 1.500 lebih kelompok tani. \"Tentunya keberadaan kendaraan operasional ini bisa meringankan tugas kami dilapangan, untuk membantu para petani kita hingga ke pelosok desa,\" akunya.

Dalam kegiatan tersebut, jumlah kendaraan operasional berupa kendaraan roda dua yang diserahkan Gubernur Bengkulu sebanyak 77 unit, tak hanya kendaraan gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan lain kepada petani yaitu Handtraktor rida dua sebanyak 24 unit, pompa air sebanyak 8 unit, knapsack spayer sebanyak 40 unit, alat pasca panen kopi sebanyak 1 unit, sarana produksi bawang merah untuk 20 hektar, sarana produksi bawang putih untuk 100 hektar, sarana produksi cabai sebanyak 40 hektar, sarana produksi jeruk untuk 70 hektar, bibir durian sebanyak 1.500 batang dan bibit alpukat sebanyak 1.000 batang. Sebelum penyerahan kendaraan operasional dan sejumlah bantuan lainnya, Gubernur Bengkulu juga melaksanakan senam bersama dengan masyarakat Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait