DAS Musi Ditanami Ratusan Pohon

Jumat 22-11-2019,11:56 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memperbaiki dan mencegah semakin rusaknya ekosistem yang ada di Daerah Aliran Sungai Musi di Kecamatan Curup Utara. Ratusan bibit pohon ditanam oleh berbagai komunitas dan intansi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Penanaman ratusan bibit pohon di DAS Musi dilaksanakan Kamis (21/11) kemarin dan dimotori oleh Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Koordinator Rejang Lebong bersama sejumlah komunitas pencinta alam, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III TNKS Bengkulu-Sumsel, PMI Rejang Lebong, BPBD Rejang Lebong, Destana Lubuk Kembang.

\"Ada sekitar 300 bibit pohon yang kita tanam disepanjang DAS Musi yang ada di Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara ini,\" sampai Tedy Riski ketua FK3I Korwil Rejang Lebong disela-sela kegiatan penanaman Kamis kemarin.

Menurut Tedy, jenis-jenis bibit pohon yang mereka tanam kemarin mulai dari bibit Kayu Gaharu, Mahono, Bawang, Jabai hingga berbagai jenis tanaman buah seperti duren.

Kemudian DAS Musi yang ada di Desa Lubuk Kembang menjadi sasaran mereka dalam kegiatan penanaman pohon kemarin, karena menurutnya saat ini kondisi DAS Musi di Desa Lubuk Kembang tersebut sudah mengalami kerusakan yang cukup parah terutama pasca banjir besar akibat luapan Sungai Musi pada April 2019 lalu.

\"Ini merupakan upaya rehabilitasi yang kami lakukan, kami berharap upaya ini bisa berhasil dan memperbaiki DAS Musi sehingga bisa meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir,\" paparnya.

Tedy berharap, kegiatan penanam pohon yang mereka laksanakan kemarin diharapkan bisa mendapat dukungan dari semua pihak terutama masyarakat Desa Lubuk Kembang.

Salah satu dukungan yang bisa dilakukan oleh masyarakat Desa Lubuk Kembang yaitu dengan menjaga bibit-bibit pohon yang kemarin mereka tanam sehingga bisa tumbuh hingga besar.

Karena menurut Tedy yang pertama kali akan merasakan manfaat dari hadirnya pohon-pohon tersebut adalah warga Desa Lubuk Kembang itu sendiri.

Di sisi lain, Tedy juga mengungkapkan kegiatan penanaman pohon yang mereka laksanana kemarin mereka laksanakn juga dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November kemarin. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait