27 November, Pendaftaran Panwascam Dibuka

Selasa 12-11-2019,12:34 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Kesempatan emas bagi warga Bengkulu Tengah (Benteng) yang ingin berpartisipasi dalam pemilihan umum (pemilu) serentak 2020 nanti. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Benteng dalam waktu dekat merekrut personel Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pendafaran Panwascam ini mulai dibuka 27 November mendatang.

\'\'Jika tak ada halangan, pendaftaran sekaligus penerimaan berkas bisa dilakukan pada tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019,\" kata Ketua Bawaslu Benteng Asmara Wijaya ST MAP melalui Anggota Bawaslu Benteng Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran danSengketa Supirman SAg MH kepada BE.

Dijelaskan Supirman, rekrutmen panwascam tak berbeda jauh dari sebelumnya. Setelah menunggu pendaftaran ditutup, panitia tingkat kabupaten melakukan penelitian berkas persyaratan administrasi pelamar. Bahkan, jika memang peserta tak mencukupi jumlah minimal, maka masa pendaftaran bisa dilakukan perpanjangan.

Hanya saja, Bawaslu bakal menambah jumlah anggota Panwascam. Jika pada Pemilu serentak sebelumnya hanya berjumlah 30 orang, pada tahapan pemilhan gubernur (pilgub) di Bumi Maroba Kite Maju pada 2020 nanti, anggota Panwascam menjadi 33 orang. Hal ini disebabkan ada penambahan kecamatan baru, yakni, Kecamatan Semidang Lagan.

\"Nantinya, kami juga membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama yang lulus seleksi administrasi. Jangan sampai, ada anggota Panwascam yang bermasalah atau terlibat Partai Politik (Parpol),\" tegas Supirman.

Pasca seleksi berkas, kata dia, Bawaslu melakukan tes tertulis dan tes wawancara. Tujuan utamanya untuk mengukur kemampuan calon Panwascam serta melihat komitmen dalam menyukseskan pemilu.\"Wacananya, kami mengganti tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT. Memungkinkan atau tidak, kita lihat dulu kesiapan sarana dan prasaranya,\" tandasnya. (135)

Tags :
Kategori :

Terkait