Program Pertanian Dikawal Kejaksaan

Jumat 08-11-2019,08:55 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Ricky; Optimis Rampung Akhir Tahun

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah meminta pengawalan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Bengkulu dalam merealisasikan 16 paket program pertanian.

Kepala Dinas Taman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan mengatakan, 16 paket program pertanian itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBN Perubahaan dan APBD tahun 2019.

\"Kita sudah meminta pengawalan kepada TP4D untuk program strategis nasional dalam bidang pertanian,\" terang Ricky kepada BE, kemarin (7/11).

Dijelaskannya, pengawalan dari TP4D itu dilakukan, agar program strategis nasional tersebut benar-benar bisa direalisasikan tepat sasaran. Mengingat besarnya program yang saat ini telah direalisasikan kepada masyarakat. \"Pengawalan ini mulai dari perencanaan, pelaksaan hingga pencairan,\" paparnya.

Ricky menuturukan, semua kegiatan yang dilakukan juga terus dilaporkan kepada TP4D. Termasuk jika menghadapi masalah dilapangan juga terus dikonsultasikan. Sehingga persoalan dilapangan bisa segera diatasi, program bisa berjalan dengan lancar. \"Jadi pihak rekanan muapun pihak dinas bisa melaksanakannya sesuai dengan aturan,\" paparnya.

Dalam pelaksaannya saat ini, 16 item paket program itu semua progresnya masih berjalan. Namun ada juga yang baru saja tender pekerjan. Seperti bantuan sarana produksi bawang putih, yang awalnya di Rejang Lebong dan Kepahiang, hanya bisa direalisasikan di Rejang Lebong. Sebab, di Kepahiang belum siap untuk lahan. \"Jadi kita realisasikan tahun ini di Rejang Lebong saja,\" tegas Ricky.

Untuk bantuan sarana produksi bawang merah, kondisi saat ini sudah diselesai tender. Tinggal lagi direalisasikan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang dengan volume 40 hektar pagu sebesar Rp 1,3 miliar. \"Tinggal kita realisasikan saja kalau yang ini,\" tuturnya.

Ricky menyakini, 16 paket program pertanian itu dapat terealisasi semua tahun ini. Bahkan dirinya menyakini sampai akhir tahun, semua program selesai direalisasikan. Mengingat program ini sangat ditunggu oleh para petani di Provinsi Bengkulu. \"Kita optimis, akhir tahun ini selesai semua,\" pungkas Ricky. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait