Dinkes Anggarkan Rp 60 Juta untuk Fogging

Sabtu 16-02-2013,15:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

AMEN, BE - Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, sepanjang tahun 2012 sebanyak 12 warga Kabupaten Lebong diketahui suspect terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Namun kasus DBD tersebut tidak sampai menyebabkan kematian.

Kepala Dinkes Kabupaten Lebong, dr H Iwan Suwarsa MKes mengatakan di tahun 2013 ini pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin dalam mengantisipasi serangan DBD tersebut. Salah satunya dengan rutin setiap tahun melaksanakan kegiatan fogging pada daerah-daerah yang endemik DBD. \"Setiap tahun kegiatan fogging kita lakukan, paling tidak sebanyak 1 atau 2 kali dalam satu bulan,\" kata Iwan.

Dijelaskan, ditahun 2012 lalu, untuk anggaran fogging yakni sekitar kurang lebih Rp 60 juta yang berasal dari APBD Lebong. Untuk satu kali pelaksanaan fogging pihak Dinas Kesehatan paling tidak mengeluarkan dana sekitar Rp 3 Juta. Sementara tahun 2013 ini Dinas kesehatan merencanakan akan melakukan fogging sebanyak 16 kali ke daerah yang endemik DBD. \"Tahun lalu (2012,red) kita melaksanakan 12 kali fogging dengan dana untuk satu kali fogging yakni Rp 3 juta. Sedangkan untuk tahun ini kita menargetkan sebanyak 16 kali fogging,\" jelas Iwan.

Selain itu, Iwan kembali mengingatkan kepada masyarakat agar dapat selalu menjaga kebersihan terutama di lingkungan sekitar rumah. Dengan mengerakkan 3 M yakni menguras, menutup dan menimbun barang-barang yang tidak berguna. Hal ini dilakukan karena dapat memberantas terjangkitnya serangan virus yang disebabkan oleh nyamuk tersebut.

\"Nah apalagi saat ini musim hujan, tentunya masyarakat harus memberantas tempat-tempat yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD tersebut. Selain itu, tindakan preventif juga perlu disegerakan oleh masyarakat, dengan mengerakan 3 M. Karena, serangan DBD jelas bisa terjadi kapan saja, maka untuk seluruh masyarakat wajib untuk selalu menjaga kebersihan,\" pungkas Iwan.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait